Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77864Keywords:
Rasa Percaya Diri, Model Pembelajaran, Two Stay Two StrayAbstract
Rasa percaya diri saat ini masih tergolong rendah khususnya pada siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran di kelas siswa tidak biasa dilatih untuk percaya diri, masih banyak siswa yang merasa malu-malu untuk menyampaikan pendapat, belum berani tampil di depan kelas, merasa gugup saat mau berbicara, merasa dirinya selalu kurang dari teman lainnya. Di samping itu suasana belajar yang masih monoton juga kurang membantu siswa untuk melatih rasa percaya dirinya. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan rasa percaya diri anak kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 286 siswa, dalam penelitian ini sampel diambil dengan tenkik Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode non tes berupa angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran two stay two stray terhadap rasa percaya diri anak kelas V sekolah dasar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran two stay two stray ini layak diterapkan untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa sekolah dasar.
References
Adinugraha, H. H., Sartika, M., Asuti, S. D., & Mahmud. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Dan Masyarakat, 6(1), 251–257. https://doi.org/10.30653/002.202161.653.
Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi Komparasi Tingkat Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Antara Kelas Homogen Dengan Kelas Heterogen Di Sekolah Menengah atas. Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 44–47. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.352.
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Straymelalui Lesson Studyterhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16424.
Fadiana, M., & Citra, D. R. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3940.
Gulo, I. A., & Laoli, B. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A di UPTD SMP Negeri 5 Gunungsitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4). https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.18130.
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062.
Harlina, H., & Wardarita, R. (2020). Peran Pembelajaran Bahasa Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2332.
Hasanah, V., & Supriansyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) Berbantu Media Audio Visual Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6893–6899. https://doi.org/10.31004/bas icedu.v6i4.3411.
Hidayati, Y. N., Warsono, & Basuki, I. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Berbasis Tradisi Upacara Benyaru untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2129-2142. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.557.
Kapitan, L., Laamena, C. M., & Gaspersz, M. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp87-92.
Khoirunnisa, A., & Kurniati, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Benbantu Nearpod Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh. Jurnal Bioedutech, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.572349/biedutech.v2i2.1364.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS(Two Stay Two Stray) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.
Mulyantini, N. L. D, Suranata, K., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.
Mulyantini, Ni Luh Desi, Suranata, K., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.
Mushfi, M. (2020). Pererapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.225.
Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031.
Pratiwi, K. S. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-teki Silang Interaktif dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 563–578. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.54607.
Purnama Sari, S., & Hijrah Selaras, G. (2021). Online Article The Efect Of Applying Cooperative Learning Model On Student Competence In Natural Science: Literature Study About Two Stay Two Stray With Student Worksheet. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(1), 67–73. https://doi.org/10.24036/apb.v6i1.10853.
Rahayu Ningsih, S., & Putri Purwaningrum, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Berbantuan Media Mathcircle Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (The Effect of Learning Models Two Stay-Two Stray media assistance Mathcircle For Students’ Mathematical Communication Ability). Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 178–185. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.72.
Rahmawati, D., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas IV SD Negeri Doyong 2. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5841.
Sahalluddin, M., Andris Susanto, D., & Sukmaningrum, R. (2023). Pembelajaran Strategi Sosial dengan Mengintegrasikan Teknik Two Stay Two Stray dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara Kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Jurnal Pendidikan, 32(2), 227–242. https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.3862.
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 101–110. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33251.
Sari, O. L. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Positive Reinforcement untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 6(2). https://doi.org/10.30598/jbkt.v6i2.1592.
Subhan, Y. A., Sunardi, & Azis, K. (2023). Membangun Percaya Diri dalam Public Speaking Melalui Story Telling. Madaniya, 4(1). https://doi.org/10.53696/27214834.371.
Sudrajat, A., Iasha, V., & Femayati, F. (2018). The Influence of the Use of Cooperative Learning Model Jigsaw & Two Stay Two Stray and the Learning Interest Result on 5th Grade Social Science, 2, 28–33. https://doi.org/10.26499/iceap.v2i1.92.
Sujana, D. M. A., Dharsana, I. K., & Jayanta, I. N. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462.
Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848.
Syaripah, & Ramadhan, A. (2022). Pembentukan Karakter Percaya Diri Pada Pembelajaran Matematika Siswa SDUA Taman Harapan Curup : Verbal Reinforcement dan Non-Verbal Reinforcement. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5816.
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ketut Cindy Pratini, Putu Nanci Riastini , Kadek Yudiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.