Metode Hypnoteaching Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Luh Putu Libriana Lisna Dewara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Nanci Riastini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Metode hypnoteaching, keterampilan membaca, sekolah dasar

Abstract

Masih banyak siswa yang kurang menyukai kegiatan membaca. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap membaca adalah kegiatan yang membosankan sehingga berdampak pada keterampilan membaca siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis Metode Hypnoteaching dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu eksperimen Semu (Quasi Experimental Desain). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 107 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel yaitu 42 siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap keterampilan membaca siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode hypnoteaching dapat meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas IV sekolah dasar. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran dapat meningkatkan suasana belajar dan keterampilan membaca pada siswa.

Published

2024-04-29

How to Cite

Ni Luh Putu Libriana Lisna Dewara, Desak Putu Parmiti, & Putu Nanci Riastini. (2024). Metode Hypnoteaching Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar . Journal of Education Action Research, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/77257