Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Topik Daur Hidup Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Komang Sri Purniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77998

Keywords:

Multimedia Interaktif, Literasi Digital, Hasil Belajar IPA

Abstract

Kurangya minat belajar siswa mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Banyaknya topik pembelajaran yang dibahas membuat guru minim menggunakan media pembelajaran. Guru juga belum mengerti penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Hal in menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan siswa menjadi bosan. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas multimedia interaktif berbasis literasi digital. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian terdiri dari 2 ahli desain, 1 ahli isi mata Pelajaran dan 2 ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner dan tes. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu rating scale. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu analisis statistik deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara multimedia interaktif berbasis literasi digital terhadap hasil belajar siswa siswa kelas IV SD. Simpulan penelitian menunjukkan pemanfaatan Multimedia interaktif berbasis literasi digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Multimedia interaktif berbasis linterasi digital membantu siswa belajar secara mandiri karena sifatnya yang praktis. Implikasi penelitian ini multimedia interaktif ini dapat memudahkan siswa dalam belajar topik Daur Hidup Hewan.

References

Asih, T. S., & Ujianti, P. R. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375–384. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665.

Cun, A. (2022). Interactive digital book reading in families with refugee backgrounds. Journal of Research in Childhood Education, 36(4), 648–662. https://doi.org/10.1080/02568543.2022.2028944.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530 – 2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229.

Dong, H., Qu, H., Liu, P., & Apuke, O. D. (2024). The effectiveness of using interactive visual multimedia technology intervention in improving the literacy skills of children in rural China. Learning and Motivation, 86, 101964. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2024.101964.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1382.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal, 04(01), 2745–9659. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102.

Herlinawati, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Discovery Learning SMP untuk Membangun Minat Belajar Siswa. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 3(2), 45–51. https://doi.org/10.30599/uteach.v3i2.170.

Humairah, N., Muchtar, Z., & Sitorus, M. (2020). The Development of Android-Based Interactive Multimedia for High School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 488, 113–119. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.027.

Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/UM038V5I22022P151.

Komalasari, K., & Rahmat. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a.

Kurniawati, I. D., & Nita, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Ningrum, T. A., & Suherman, D. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Literasi Digital Guru Melalui Bimtek Pembuatan Media dan Evaluasi Pembelajaran Daring untuk Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(3), 127–131. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i3.55.

Nurcahyo, M. A. (2020). Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.31571/saintek.v9i2.2077.

Orozco, R. B., Castillo, R. I. B., & Ramos, S. H. (2020). Neoaltar: An interactive multimedia day of the dead experience. Heliyon, 6(2), e03339. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03339.

Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Pratiwi, D. A. D., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2024). Video Animasi berbasis Discovery Learning Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPAS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/74303.

Rahmawati, I. P., Yamtinah, S., Utomo, S. B., Widarti, H. R., & Shidiq, A. S. (2023). Effect of Using Instagram Learning Media on Student Learning Outcomes Using the Discovery Learning Model on Reaction Rate Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1805–1812. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3320.

Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104.

Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605.

Ravichandran, R. R., & Mahapatra, J. (2023). Virtual Reality in Vocational Education and Training: Challenges and Possibilities. Journal of Digital Learning and Education, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.52562/jdle.v3i1.602.

Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126–133. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732.

Rohman, M. A., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2020). Development of Interactive Learning Videos to Increase Learning Motivation in Graphic Design Lessons in Vocational Schools: Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pelajaran Desain Grafis Di SMK. Procedings of The Icecrs, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/icecrs2020485.

Saubari, A. P., & Sudatha, I. G. W. (2023). Interactive Learning Multimedia Based on Problem-Based Learning Models in Fifth-Grade Science Content. Journal of Education Technology, 7(1). https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.57354.

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104.

Setiawan, D. A., Wahjoedi, W., & Towaf, S. M. (2018). Multimedia Interaktif Buku Digital 3D pada Materi IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 3(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11532.

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506.

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449.

Swari, I. G. A. A. M., & Ambarawa, D. P. (2022). Video Animasi Mengenal Huruf dan Angka untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47346.

Ula, N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Akhwani, A. (2020). Meta-analisis Pengaruh Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 82–92. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6223.

Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211–219. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.

Yuliana, E., Nirmala, S. D., & Ardiasih, L. S. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4196.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Komang Sri Purniasih, & I Gusti Ayu Tri Agustiana. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Literasi Digital dengan Topik Daur Hidup Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(2), 318–326. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77998

Issue

Section

Artikel