Sintesis Kebutuhan Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Geosfer Berbantuan ArcGIS StoryMaps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA

Authors

  • Mega Rizka Cendikia Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sumarmi Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Didik Taryana Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Tuti Mutia Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • I Komang Astina Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78615

Keywords:

Media Pembelajaran, Geografi, Geosfer, ArcGIS StoryMaps

Abstract

Guru kurang memahami pemilihan media pembelajaran yang efektif dan cocok di era digital dalam pembelajaran menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penggunaan media yang sesuai dapat meningkatkan fokus dan perhatian siswa terhadap materi geosfer yang disajikan, sehingga materi geosfer dapat lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis kebutuhan media pembelajaran materi geosfer pada siswa sebagai dasar pengembangan media video ArcGIS StoryMaps. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 352 siswa dan 1 guru geografi. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner melalui google form dan wawancara kepada guru dan siswa. Data kuantitatif berupa jawaban hasil kuesioner dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data hasil wawancara dan observasi dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa  siswa lebih cenderung menyukai media pembelajaran audiovisual berupa video pembelajaran berbantuan ArcGIS StoryMaps pada materi geosfer, sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran audiovisual berupa video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini, diharapkan hasil penelitian dapat dapat dijadikan sebagai refrensi pendidik lainnya untuk dapat menciptkan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga berpengarh terhadap minat dan hasil belajar siswa.

References

A’rachman, F. R., Setiawan, C., Hardi, O. S., Insani, N., Alicia, R. N., Fitriani, D., … Mozzata, A. N. (2024). Designing effective educational storymaps for flood disaster mitigation in the Ciliwung River Basin: An empirical study. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1314(1), 12082. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1314/1/012082.

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 32–45. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.

Adlika, N. M. (2019). Implementasi Pembelajaran Pada Laboratorium Geografi Berbantuan Media Peta Pemanfaatan Lahan Gambut Di Sma Negeri 3 Pontianak. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(2), 55. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i2.1353.

Alimah, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Memperkenalkan Anggota Keluarga Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas I SDI Alfattah Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7299.

Alverina, C., Hakim, Z. R., & Taufik, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPS. School Education Journal, 9(3), 268. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i3.15785.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356.

Anggraini, T., Ulfah, M., & Sugiarto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Pembelajaran Geografi Di Sman 1 Rasau Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i1.51827.

Anyan, A., Ege, B., & Faisal, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft Power Point. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690.

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Arliza, R., Yani, A., & Setiawan, I. (2019). Development of Interactive Learning Media based on Android Education Geography. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012023.

Cyvin, J. B., Midtaune, K. R., & Ketil, J. (2022). Using StoryMaps to prepare for field course – A case study of students in Geography. Cogent Education, 9(1), 2123583. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2123583.

Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infogrfis. ,. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183.

Daryono, R. W., Rochmadi, S., & Hidayat, N. (2021). Development and validation of video-based learning media to increase competency achievement in civil engineering education. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012022.

Hakim, R., & Basuki, S. (2023). Pemanfaatan audio visual dalam pembelajaran ketrampilan bola basket. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 107. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16454.

Harizah, D. T. D., Sumarmi, S., & Bachri, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 104–113. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.13020.

Hidayat, U., Lihawa, F., & Rusiyah, R. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.16143.

Hidiyah, T. M., Sumarmi, S., & Bachri, S. (2023). Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Geosapasial dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Mitigasi Bencana Tsunami. J-PIPS (Jurnal …, 115–126. https://doi.org/10.18860/jpips.v9i2.20993.

Khasawneh, M. A. S. (2023). The Use of Video as Media in Distance Learning for Deaf Students. Contemporary Educational Technology, 15(2). https://doi.org/10.30935/cedtech/13012.

Kurniaaji, B., Muryani, C. H., & Sarwono, S. (2018). Development of Geography Learning Media on Earth Evolution History using Adobe Flash. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012034.

Lowry, J. H., & Korson, C. (2024). From high school to postgraduate: student perceptions of learning experiences creating ArcGIS StoryMaps. Journal of Geography in Higher Education, 48(3), 445–467. https://doi.org/10.1080/03098265.2023.2255535.

Mariezki, R., Juita, E., & Tanamir, M. D. (2021). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Suplemen Pembelajaran Geografi Pada Materi Mitigasi Bencana Alam. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 54–62. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11043.

Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041.

Poerwanti, J. I. S., & Mahfud, H. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Microsoft Power Point pada Guru-Guru Sekolah Dasar. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 265. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2296.

Pratama, A., Fazera, D., Fortunata, L. A., & Fadilah, R. (2024). Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Teknologi Informasi di Era Digital pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Medan. ARSEN : Jurnal Penelitian Pendididikan, 1(2), 93–101. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i2.2974.

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119.

Robert, J., & Putri, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Sub Materi Konservasi Flora dan Fauna di Indonesia. Edu Geography, 10(3), 40–56. https://doi.org/10.15294/edugeo.v10i3.64264.

Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2022). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(4), 1065. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577.

Santoso, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 6(2), 152–162. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i2.5998.

Sari, R. M., Urfan, F., Ridhwan, Herliza, M., Dani, F. R., & Sembiring, T. B. (2023). 3D Street Story Map Learning Media for High School Student’s Spatial Thinking Ability. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 379–389. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.58812.

Seviana, R., Suharto, Y., Rosyida, F., & Masitoh, F. (2023). Aplikasi Volcano Berbasis Android Pada Materi Vulkanisme Sebagai Media Microlearning Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 196–208. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59506.

Sumarmi, Bachri, S., Irawan, L. Y., & Aliman, M. (2021). E-module in blended learning: Its impact on students’ disaster preparedness and innovation in developing learning media. International Journal of Instruction, 14(4). https://doi.org/10.29333/iji.2021.14412a.

Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072.

Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Siswa Sekolah Dasar. Media Bina Ilmiah, 16(5), 6873–6882. https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1392.

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105.

Wahyuni, W., Ahmad, R. S. W., Hasti, N., Gustiana, I., & Pratiwi, A. P. (2020). Design of Learning Media for Web-Based Subjects Geography. (Case study: Class XI majoring in social studies at Citra Nusa Senior High School). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 879(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/879/1/012079.

Wang, J., Kim, G., & Chang, K. C. C. (2023). Empowering health geography research with location-based social media data: innovative food word expansion and energy density prediction via word embedding and machine learning. International Journal of Health Geographics, 22(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12942-023-00344-5.

Wardhana, A. C., Nurhadryani, Y., & Wahjuni, S. (2020). Knowledge Management System Berbasis Web tentang Budidaya Hidroponik untuk Mendukung Smart Society. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 619. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020732200.

Widyastuti, R., Soegiyanto, H., & Yusup, Y. (2018). The Development of Geo Smart Based Android for Geography Learning Media on Hydrosphere Material and Its Impact towards Life on Earth. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/145/1/012001.

Zahro, N. (2021). Students’ Well-Being and Game Implementation in Learning Chemistry in Merdeka Belajar Era. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30127.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Mega Rizka Cendikia, Sumarmi, Taryana, D., Mutia, T. ., & Astina, I. K. (2024). Sintesis Kebutuhan Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Geosfer Berbantuan ArcGIS StoryMaps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA. Journal of Education Action Research, 8(3), 408–417. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78615