Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Short Documentary Video Pada Materi Pencemaran Sampah Pesisir Pantai

Authors

  • Hety Dwi Lestari Universitas Negeri Malang
  • Sumarmi Universitas Negeri Malang
  • Yuswanti Ariani Wirahayu Universitas Negeri Malang

Keywords:

Media pembelajaran, Audio Visual, documetary video

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru pada media pembelajaran short documentary video materi pencemaran sampah di pesisir pantai. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei dalam mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran. Subjek peneltian ini yaitu 30 orang siswa siswa kelas XI IPS 1 dan 1 orang guru mata pelajaran geografi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan kuisioner dan dianalisis serta dibuat kesimpulan berdasarkan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru setuju jika memiliki keterbatasan untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran, 2) Guru membutuhkan media pembelajaran yang interaktif, informatif, dan mendukung pembelajaran secara mandiri, 3) 86,7% siswa setuju jika belajar menggunakan media audio visual lebih menyenangkan daripada menggunakan buku ajar, 4) media yang perlu dikembangkan untuk pembelajaran geografi materi pencemaran sampah di pesisir pantai yaitu short documentary video

References

Andra Pratama, M., & Lian, B. (2024). Pengembangan Media Papan Sumber Daya Alam Original Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 16–23.

Anita Azmi, R., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jipp, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840

Anwar, ahsani amalia. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI Development Of Documentary Video To Improve Understanding Of Religious Moderation In Sociology Learning In Class Xi. Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 4(2), 1–16.

Astuti, E. Z., Ernawati, A., Yogananti, A. F., & Affandy, A. (2023). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Produksi Film Dokumenter pada Generasi Muda: Pelatihan pada Siswa-Siswi SMA Negeri 3 Kota Semarang. Jurnal Abdidas, 4(4), 333–345. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i4.818

Darmiati, D., & Nembo, D. (2021). Pengaruh Perpustakaan Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Student Centre Learning di Universitas Hasanuddin Makassar. Media Pustakawan, 28(3), 228–237. https://doi.org/10.37014/medpus.v28i3.1110

Ernanida, E., & Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 101–112. https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333

Harahap, H. (2023). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(11), 4894–4898.

Mayoli, E., & Tamrin, M. I. (2024). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdn 27 Ladang Hutan. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 100–105.

Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1).

Nenoliu, T. T. M., Dawud, D., & Priyatni, E. T. (2020). Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1308. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14039

Nurani, I. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein Untuk Sma. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 90–95. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.1961

Putu Unik Indrayani, I. G. A., & Sumantri, M. (2021). Media Pembelajaran Audio Visual Berorientasi Nilai Karakter pada Materi Siklus Air. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 238. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36199

Rofifah, D. (2020). Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 19(2), 12–26.

Rosmiati, R., Umar, U., & Fahlia, F. (2023). Analisis Efektivitas Gerakan Literasi Sekolah melalui Inovasi Media Pohon Literasi untuk meningkatkan Minat Baca Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(3), 164–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.305

Sari, C. P. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(32), 3128–3137. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13875/13400

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3626

Sugianto, R. (2023). Penerapan Video YouTube “Pak Rahmad” sebagai Sumber Belajar Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 01–05. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.47

Tahajudin, Didin; Rahayu, M. F. (2023). e-ISSN: 2963-8275 http://jurnal.amalinsani.org/index.php/sehran. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan, 2(2), 71–85.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424

Published

2024-04-11

How to Cite

Hety Dwi Lestari, Sumarmi, & Yuswanti Ariani Wirahayu. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Short Documentary Video Pada Materi Pencemaran Sampah Pesisir Pantai. Journal of Education Action Research, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/76149

Issue

Section

Artikel