Persepsi Guru Dan Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) Pada Mata Pelajaran Geografi SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86189Keywords:
Proses Pembelajaran, Experiental learning, PersepsiAbstract
Kurikulum yang berubah-ubah membuat guru mengalami kesulitan dan kebingungan dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai minat belajar siswa, beberapa guru bidang study pendidikan geografi berinovasi untuk menggunakan model experiential learning dalam mengajar mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) pada mata pelajaran geografi SMA. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan jenis metode survey. Sampel penelitian sebanyak 30 guru bidang study pendidikan geografi dan 35 siswa kelas XI IPS, ditentukan dengan purposive sampling. Angket kuesioner digunakan dalam pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan percentage correction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru dan siswa sebanyak 30% guru dan siswa 15% sangat baik, 60% guru dan siswa 30% baik, 10% guru dan siswa 23% cukup, 7% guru dan siswa 55% memiliki pengetahuan kurang. Penerapan menunjukkan 43% guru merasa sangat baik, 26% guru merasa baik, 17% guru merasa cukup dan 14% guru merasa kurang dalam penerapannya. Minat guru dan siswa sebanyak 53% guru dan siswa 57% berminat sangat baik, sebanyak 27% guru dan siswa 32% berminat baik, sebanyak 20% guru dan siswa 11% berminat cukup, sebanyak 5% dan siswa 9% kurang berminat. Kesimpulannya, persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) pada mata pelajaran geografi SMA dilihat dari aspek pengetahuan, penerapan, minat dalam kategori baik untuk digunakan pada siswa SMA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ibrahim, Dwiyono Hari Utomo, Budi Handoyo, Sumarmi, Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.