Metode Pembelajaran Total Physical Response (TPR) Berbasis Media Realia dan Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Informatif Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK B
Keywords:
Total Physical Response, Media realia, Interaksi Sosial, Pembelajaran bahasaAbstract
Pendidikan Bahasa untuk anak usia dini sangat penting dilaksanakan karena pada masa ini anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Namun ditemukan permasalahan dilapangan yaitu anak tidak mampu mengikuti pembelajaran Bahasa dengan baik dikarenakan metode pembelajaran Bahasa tidak sesuai dengan karakteristik anak usia dini, guru TK B belum memiliki kemampuan yang khusus dalam pengenalan Bahasa, waktu yang disediakan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran Bahasa inggris anak TK B. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek penelitian ini yaitu anak TK B yang melibatkan 39 anak berdasarkan group random sampling. Metode analisis yang digunakan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran TPR berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran Bahasa inggris anak TK B hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yaitu terdapat pengaruh antara metode pembelajaran TPR berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran bahasa inggris di TK B. Implikasi penelitian ini yaitu metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) berbasis media realia dan interaksi sosial dapat meningkatkan kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran bahasa inggris anak TK B.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Kristy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.