Metode Pembelajaran Total Physical Response (TPR) Berbasis Media Realia dan Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Informatif Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK B

Authors

  • Intan Melina Kristy Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kurnia Widiastuti Giri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.80442

Keywords:

Total Physical Response, Media realia, Interaksi Sosial, Pembelajaran bahasa

Abstract

Pendidikan Bahasa untuk anak usia dini sangat penting dilaksanakan karena pada masa ini anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Namun ditemukan permasalahan dilapangan yaitu anak tidak mampu mengikuti pembelajaran Bahasa dengan baik dikarenakan metode pembelajaran Bahasa tidak sesuai dengan karakteristik anak usia dini, guru TK B belum memiliki kemampuan yang khusus dalam pengenalan Bahasa, waktu yang disediakan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran Bahasa inggris anak TK B. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen). Subjek penelitian ini yaitu anak TK B yang melibatkan 39 anak berdasarkan group random sampling. Metode analisis yang digunakan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran TPR berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran Bahasa inggris anak TK B hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yaitu terdapat pengaruh antara metode pembelajaran TPR berbasis media realia dan interaksi sosial terhadap kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran bahasa inggris di TK B. Implikasi penelitian ini yaitu metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) berbasis media realia dan interaksi sosial dapat meningkatkan kemampuan berbicara informatif pada pembelajaran bahasa inggris anak TK B.

References

Amelia, D. (2021). Upaya peningkatan kosakata bahasa Inggris melalui storytelling slide and sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22–26. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.02.

Dana Yanti, N. P. A., & Luh Ayu Tirtayani. (2023). Interactive Storytelling Method Based on Local Wisdom to Improve the Empathy Abilities of Group B Children. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 345–353. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.63389.

Devi Maharani Santika, I. D. A., Mahatma Agung, I. G. A., & Apriliani, K. (2021). Video Pembelajaran untuk Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 342–352. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.40865.

Fadlan, A., Ridwan, R., Nopriansyah, U., & Nurfaizah, N. (2021). Penerapan Metode TPR (Total Physical Respone) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 137–151. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8619.

Fernandez, R., Lord, H., Halcomb, E., Moxham, L., Middleton, R., Alananzeh, I., & Ellwood, L. (2020). Implications for COVID-19: A systematic review of nurses’ experiences of working in acute care hospital settings during a respiratory pandemic. International Journal of Nursing Studies, 111(November 2020), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2020.103637.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Analisis Penggunaan Media Realia Melalui Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 772–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.810.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 3(02), 126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720.

Mustofa, M. Z., & Suarjana, I. M. (2024). Number Light Media to Stimulate Early Mathematics Abilities in Children in Kindergarten. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 21(1), 61–69. https://doi.org/10.23887/paud.v12i1.73797.

Pratiwi, D. D., Mujib, Andriani, S., Mardiyah, Kuswanto, C. W., & Utami, E. (2021). Application of algebraic tile media with gasing: Ability to understand mathematical concepts and student creativity. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012023.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.

Selviani, Ardini, P. P., & Jamin, N. S. (2022). Pengaruh Metode Total Physical Response (TPR) terhadap Kosakata Anak (Penelitian Eksperimen Pengenalan Bahasa Inggris di Kelompok B). Student Journal of Early Childhood Education, 2(2), 85–98. https://doi.org/10.37411/sjece.v2i2.1441.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05.

Sumarni, B., Bhatta, D. D., & Kho, S. F.-C. (2022). The Use of Total Physical Response in Teaching Vocabulary Integrated with Meaningful Classroom Interaction. Journal of Language and Literature Studies, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.36312/jolls.v2i1.710.

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160.

Suwardi, S. A., & Suwardi, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn Se Kecamatan Manggala Di Kota Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 10. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1292.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXB Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088.

Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02.

Wahyundari, N. W. S., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan pada Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Berseri. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 80–88. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36877.

Weldiani, M., Sarwanto, A., & Sutanto, A. V. (2022). Gambaran Kemampuan Interaksi Sosial dan Turn Taking pada Anak Prasekolah. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 113–126. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.26.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Intan Melina Kristy, Putu Aditya Antara, & Kurnia Widiastuti Giri. (2024). Metode Pembelajaran Total Physical Response (TPR) Berbasis Media Realia dan Interaksi Sosial Terhadap Kemampuan Berbicara Informatif Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK B. Journal of Education Action Research, 8(3), 453–458. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.80442