Kunjungan Lapangan Bermain Messy Play dan Kemampuan Sosial Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak

Authors

  • Ditha Zeptyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78408

Keywords:

Messy Play, Metode Kunjungan Lapangan, Kemampuan Sosial

Abstract

Kecerdasan naturalis anak masih sangat rendah, karena pembelajaran berbasis alam masih belum dilakukan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kunjungan Lapangan Bermain Messy Play dan Kemampuan Sosial terhadap kecerdasan naturalis anak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian adalah 106 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 44 anak. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis ANAVA dua jalur berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian yaitu pertama, terdapat perbedaan kecerdasan naturalis antara kelompok yang menerapkan metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dengan kelompok yang menerapkan metode konvensional. Kedua, terdapat interaksi antara metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dan kemampuan sosial secara bersama terhadap kecerdasan naturalis anak. Ketiga, pada anak yang memiliki kemampuan sosial tinggi, terdapat perbedaan kecerdasan naturalis antara kelompok yang menerapkan metode Kunjungan Lapangan melalui bermain Messy Play dengan kelompok yang menerapkan metode konvensional. Disimpulkan kunjungan Lapangan Bermain Messy Play dan Kemampuan Sosial dapat meingkatkan kecerdasan naturalis anak. Implikasi penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat memberikan panduan praktis bagi para pendidik dan orang tua dalam merancang kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif dan berfokus pada pengalaman langsung dengan alam.

References

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Ananda, R, & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3.

Ananda, Rizki, & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3.

Annisa, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Natural Messy Play sebagai Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 410–419. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.914.

Antara, P. A., Dewi, N. P. S., & Putri, N. N. C. A. (2023). Stimulasi Tari Kreatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Taman Kanak-Kanak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 76–84. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2422.

Antara, P. A., Widiana, I. W., Komang, S., Tegeh, I. M., & Adijaya, M. A. (2022). The Effect of Learner Autonomy and Institutional Support System on Agile Learners, Independence, and Work Readiness of Students Participating in the Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(15). https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i15.6432.

Apriana, Y., Wahyuningsih, Apriana, Y., Wahyuningsih, S., & Samudera, W. (2020). Sikap Sosial Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kimia Sma Berbasis Membaca Tanya Jawab Dipadu Creative Problem Solving. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2). https://doi.org/10.51673/jips.v1i2.372.

Aulina, C. N. (2020). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.73.

Azizah, N., & Busyra, S. (2020). Strategi Orang Tua dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–13.

Barbiero, G., & Berto, R. (2021). From Biophilia To Naturalist Intelligence Passing Through Perceived Restorativeness And Connection To Nature. Annals Of Review And Research, 3(1), 1–6.

Creighton, S., & Szymkowiak, A. (2019). The Effects of Cooperative and Competitive Games on Classroom Interaction Frequencies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 140(1382), 155–163. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.

Ditajayanti, I. K., Rahayu, A. P., & Setiawan, A. (2020). Membangun Keterampilan Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Bertanam Dengan Media Hydroponik Di TK Al Irsyad Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 94–103.

Ermalia, Y. (2022). Strategi Pembelajaran Diluar Kelas (Outing Class) Dalam Mewujudkan Kecerdasan Naturalis Anak Di PAUD Negeri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang.

Farhan, M. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Field Trip Di TK Kusuma Mulia Sugihwaras Purwoasri Kediri. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 15(2), 108–116.

Faridy, F., & Rohendi, A. (2023). The effect of project-based learning in developing naturalist intelligence in children. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 8(1), 23–34. https://doi.org/10.22373/equality.v8i1.11973.

Gregory, R. J. (2022). Psychological Testing: Principels and Applications. Allyn and Bacon.

Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.571.

Jf, N. Z., & Sukiman. (2020). Pengembangan Media Flipchart Bertemakan Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini Di Tk It Zia Salsabila Medan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1).

Mansjur, G. A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak Di Taman Kanak-kanak Pertiwi Dampang Kabupaten Bantaeng (Disertasi Doktor, Pascasarjana.

Martasari, N. A., Nabilah, A. I., & Sumadi, C. D. (2022). Literature study: improving children’s naturalist intelligence through field trip methods. maktab. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 100–108.

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2022). Meningkatkan kecerdasannaturalis anak melalui metode pembelajaran outing class pada kelompok B TK Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31.

Matondang, Z. (2023). Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 92.

Maulida, S. (2020). Pengaruh permainan tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.4237.

Maulida, S. (2021). Pengaruh permainan tradisional bakiak terhadap kemampuan sosial anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.4237.

Mawar, M., Salamah, D. N., & Fauziah, A. L. (2020). February). Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1)).

Muhaemin, & Yonsen, F. (2019). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Keceradasan Majemuk. Penerbit Adab.

Mutiara, R. T. (2023). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Terpadu Setia Bandar Lampung.

Muzzamil, F., F., S., & H, R. (2020). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02). https://doi.org/10.35706/murangkalih.v2i02.5811.

Nasution, N. A. D. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip (Karya Wisata) Di TK Rahmatkan Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).

Nur, A. L. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dalam Mengembangkanketerampilan Sosial Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Al-Ghofilin.

Nurkhasanah, S., & Fitri, A. W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Meremas melalui Messy Play. Aulad: Jurnal Anak Usia Dini, 5(1), 30–40. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.291.

Nuryanah, S., & Ramdhani, L. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Messy Play. Aulad: Jurnal Anak Usia Dini, 5(1), 93–98. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.323

Oktari, R. (2021). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Pada Kelompok B di PAUD Budi Mulya Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(1), 69–77. https://doi.org/10.69775/jpia.v2i1.45.

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440–447. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222.

Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2018). Kontribusi kecerdasan naturalis dan sikap peduli sosial terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97–107. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i2.22244.

Prasanti, D., & El Karimah, K. (2020). Proses Komunikasi dalam Field Trip sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak PAUD di Bandung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 328–340. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.912.

Priyanti, N., & Warmansyah, J. (2023). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239–257. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.03

Purba, D., & Mardaus, P. (2020). Aplikasi Analisis Korelasi dan Regresi menggunakan Pearson Product Moment dan Simple Linear Regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.17509/k.v20i1.52341.

Putri, E. I. E., & Rohmah, M. M. (2023). Peningkatan Spiritual Quotient Anak Usia 6-7 Tahun Melalui Metode Field Trip Di Tk Al-Islam Genteng Kulon. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 019–032.

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717.

Rocmah, L. I., & Rezania, V. (2017). Penerapan Bermain Messy Play Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak TK Kelompok A. EDUCHILD Jurnal: Pendidikan, Sosial dan Budaya, 6(1), 1–78. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4157.

Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood, 1(1), 22–25. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1592.

Sari, A. P., Febrini, D., & Wiwinda, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Outdoor Learning dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES, 6(1), 126–133. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6743.

Sari, N. P., Setiawan, M. A., & Novitawati, N. (2018). Penanaman Pendidikan Sosial dan Finansial bagi Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2785–2793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2533.

Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati. (2020). Meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini dengan model outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.25273/jcare.v6i2.3939.

Sofia, A., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2019). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 4(3), 1425–1436. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4872.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170.

Yohanes, Y. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip) Paud Central Bali. Edukids: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8–17. https://doi.org/.

Yuliati, T., & Martuti, N. K. T. (2017). Efektivitas Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 178–186. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7234.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Zeptyani, D., Putu Aditya Antara, & I Gede Astawan. (2024). Kunjungan Lapangan Bermain Messy Play dan Kemampuan Sosial Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak. Journal of Education Action Research, 8(2), 228–238. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78408

Issue

Section

Artikel