E-Modul Berbasis Project Bassed Learning Pada Muatan Pelajaran IPAS Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.85094Keywords:
E-modul, ADDIE, Project Based Learning, IPASAbstract
Masih banyaknya guru yang hanya menerapkan metode pembelajaran ceramah dan model konvensional dalam proses pembelajaran. Selain itu guru kurang mahir dalam menerapkan media pembelajaran serta memanfaatkan fasilitas yang teserdia dalam proses pembelajaran di kelas berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk menganalisis keefektifan e-modul berbasis projek pada pembelajaran IPAS kelas V. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu validator ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli isi pembelajaran dan siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu efektifitas e-modul berbasis project based learning dilihat dari perhitungan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan e-modul berbasis project based learning. Kesimpulannya, penggunaan e-modul berbasis project based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Putu Canda Yoga Pratama, Prof.Dr. Anak Agung Gede Agung, M.Pd., Prof. Dr. Desak Putu Parmiti, M. S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.