Model Pembelajaran Role playing Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Wayan Puji Andari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86496

Keywords:

Model pembelajaran role playing, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Masih banyak siswa yang mendapatkan hasil belajar yang rendah sehingga perlu ditingkatkan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu menganalis keefektifan model pembelajaran role playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 23 orang. Model penelitian tindakan meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar soal tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu analisis data pra-siklus menunjukan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 49.56 sehingga berada pada kualifikasi kurang. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I yaitu 74.56 sehingga berada pada kualifikasi cukup. Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V pada siklus II yaitu 84.7 sehingga berada pada kualifikasi sangat baik. Terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus II. Disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Andari, N. W. P., I Wayan Lasmawan, & I Wayan Kertih. (2024). Model Pembelajaran Role playing Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 8(4), 644–651. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86496

Issue

Section

Artikel