Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Memperkuat Pendidikan Karakter

Authors

  • Kadek Uki Septiani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.91139

Keywords:

Ekstrakurikuler, Pramuka, Pendidikan Karakter

Abstract

Perkembangan teknologi berbanding terbalik dengan karakter siswa.  Degradasi moral pada peserta didik yang kerap terjadi yaitu kurangnya konsentrasi, bercanda pada saat guru menjelaskan, dan terjadinya bullying di sekolah. Fenomena tersebut membuktikan lima nilai karakter utama masih belum melekat di dalam diri siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, pembina ekstrakurikuler pramuka, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pengujian keabsahan data dengan menggunkan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk mendapatkan data yang akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka berhasil memperkuat karakter siswa, dengan meningkatnya kemandirian, keberanian mengemukakan pendapat, dan kemampuan mengelola waktu, menandakan kegiatan tersebut berhasil memperkuat karakter yang dimiliki siswa, serta respon siswa memperlihatkan tanggapan yang beragam dan cenderung merujuk  arah yang positif.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Kadek Uki Septiani, I Wayan Lasmawan, & I Wayan Budiarta. (2024). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Memperkuat Pendidikan Karakter . Journal of Education Action Research, 8(4), 671–678. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.91139

Issue

Section

Artikel