Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi

Authors

  • R. Adi Satriya Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16347

Abstract

The purpose of this study is to improve the learning outcomes of Indonesian language with the material of reading short story texts through the application of recitation learning methods in learning Indonesian in class XI of the First Semester of SMK Negeri 60 Jakarta. The research method used is descriptive, the type of research is class action. The research subjects were 34 grade XI students of SMK Negeri 60 Jakarta. The technique used is direct observation. Data collection tools are teacher and student observation sheets. This research was carried out through two cycles, the research procedure using the stages of planning, implementation, observation and reflection. Classroom Action Research Results on Indonesian language subjects about reading short story texts through the application of the Recitation method are: learning outcomes in the first cycle the average value shows 78.20, while the learning outcomes in the second cycle the average value shows 83.41. Based on the results of the study it can be concluded that by applying the recitation method in learning Indonesian language can improve the learning outcomes of Indonesian with the main material of reading short story texts for class XI students of SMK Negeri 60 Jakarta successfully.

References

Bintari,Ni Luh Gede Riwan Putri. PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 DI KELAS VII SMP NEGERI 2 AMLAPURA. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Volume 3, Nomor 1.

Darjowidjojo, Soenjono. 1994. Butir-butir Renungan Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing. Salatiga: Univeristas Kristen Satya Wacana.

Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI.

Depdiknas 2007. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

Jamaluddin, Gesrianto A. 2017. ANALISIS SIKAP BAHASA DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA BOSOWA INTERNATIONAL SCHOOL. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1.

Model-model Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta, diunduh 15 Juni 2013.

Mursiyah, Tatik. 2015. UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK MEMBACA CERPEN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IX. Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 27 No. 1.

Purwanto, Agus. 2008. ―Penerapan Model Numberd Heads Together dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sastra Indonesia. dalam Jurnal Bahas Vol. 3, No. 6, hlm. 1—65.

Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah. 2017. PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Bahastra, Volume 37, Nomor 1, Edisi Maret 2017 : 24 - 31.

Rosyida, Fathia. 2018. PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) Vol. 5 No. 1.

Sobandi, Rizki. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal DIKSATRASIA Volume 1, Nomor 2.

Zulhafizh, dkk. 2013. KONTRIBUSI SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran Volume 1 Nomor 2.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Satriya Nugroho, R. A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca dengan Materi Pokok Membaca Teks Cerita Pendek Melalui Penerapan Metode Resitasi. Journal of Education Action Research, 2(4), 421–426. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16347