Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17271Abstract
Tujuan peneltian ini untuk mengetahui adanya peningkatan adanya peningkatan hasil belajara tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 siswa kelas IV SD N Mangunsari 02 Salatiga menggunakan model pembelajaran berbasiskan masalah (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). hasil penelitian yang diperoleh dari siswa kelas IV SD N Mangunsari 02 Salatiga yang berjumlah 21 siswa adalah (1) pada pembelajaran pra siklus hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran terdapat 14 siswa yang tidak tuntas dengan presentase 66,67% dan yang sudah tuntas sebanyak 7 dengan presentase 33,33 siswa yang terdapat pada pembelajaran pra siklus. (2) pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berbantu media gambar pada siklus I siswa yang tuntas menjadi 12 siswa dengan persentase 57,15 %dan yang tidak tuntas terdapat 9 siswa dengan presentase 42,85%. (3) hasil penelitian pada siklus II siswa yang tuntas menjadi 17 siswa dengan presentase 80,95% dan yang tidak tuntas terdapat 4 siswa dengan presentase 19.05%. hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 mengalami kenaikan yang signifikan bagi siswa kelas 4 SD N Magunsari 02 Salatiga, siswa terlihat aktif,ceria, menyenenangkan dan juga antusias dalam proses pembelajaran.
References
Amir,M Taufiq.2009.Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidikan Memberdayakan Pembelajaran di era pengetahuan.Jakarta: Kencana
Koeswanti, Henny Dewi.2018. Eksperimen Model Kooperatif Learning dalam pembelajaran Ketrampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Nanik Sulistya Wardani,d.(2012).ASESMEN PEMBELAJARAN SD Bahan Belajar Mandiri.Salatiga:Widya Sari.
Sanjaya, Wina. 2011 . Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan..Jakarta:Kencana
Sudjana, Nana.2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto. 2010. Model PembelajaranTerpadu.Jakarta:2013.Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Stategis dan Implementasi dalam Kurikulum Tinggkat Satuan Pendidikan(KTSP).Jakarta:Bumi Aksara
Trianto. 2010. Mengembangkan Model PembelajaranTematik. Jakarta: PrestasiBelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar&Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Agustini, Putu Putri, dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 8 Sumerta”. eJournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4, No. 1 (hlm 1-10).
Wardhani, G. S., & Wasitohadi, W. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SD”. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, Vol. 8, No. 1 (hlm 120-125).
Aryani, A., dkk. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas III SDN 036 Sintong”. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-10.
Siswantara, I., & Agus, G. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SD Negeri 8 Kesiman. Jurnal PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.