Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19475Abstract
Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Denpasar semester II tahun pelajaran 2018/2019 setelah diterapkan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 Semester II yang berjumlah 36 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition). secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas X MIA 2 semester II di SMAN 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut ditunjukkan dari rerata pada siklus I sebesar 73,19 dengan ketuntasan klasikal 77,78%. Sedangkan rerata pada siklus II sebesar 86,25 dengan ketuntasan klasikal 91,67%.
Kata Kunci: Model pembelajaran CIRC, Hasil belajar PPKn
References
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, suatu pengantar. Singaraja : FIP Undiksha Singaraja.
Agung, A. A. G. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352
BUNP. 2011. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendiknas.
Harniyati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar PKN Pada Materi Nilai Dan Norma Sosial Melalui Pembelajaran CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol,3. No,1. Tahun 2019 e-ISSN: 2597-4440 dan p-ISSN: 2597-4424.
Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di MtsMuhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156
Ihsan. 2017. Kecenderungan Global Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No. 2, Juli 2017 ISSN 2527-7057
Nurkancana. Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Bumi Aksara
Shabir,M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 221-232
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Siregar, Evaline. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor
Uno, Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunal, C.S. & Haas, M. 1993. Social Studies and the Elementary/Middle School Student. Fort Worth: Harcourt Brace Jovanovich College Publishers.
Winataputra, Udin S. 2001. Jati Diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. Disertasi pada Program Pasca Sarjana UPI Bandung.
Widodo. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Jurnal Fisika Indonesia No: 49, Vol XVII, Edisi April 2013 ISSN : 1410-2994