Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu dengan Metode Demonstrasi dalam Menanamkan Nilai Keimanan

Authors

  • Ni Wayan Kasih SD Negeri 2 Batubulan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22330

Keywords:

Metode demonstrasi, prestasi belajar siswa.

Abstract

Siswa yang berlajar di kelas II A, pada semester II, tahun ajaran 2018/2019 SD Negeri 2 Batubulan, dijadikan objek penelitian yang bertujuan untuk mencapai peningkatan prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Data yang diupayakan untuk diperoleh dikumpulkan dengan tets hasil belajar. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, data yang penulis dapatkan menunjukkan peningkatan yang baik, dari  awalnya baru mencapai rata-rata 69,55, pada siklus I meningkat menjadi 74,70 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,91. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disampaikan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu Kelas II A di semester II.

References

Arikunto, Suharsimi, Supardi, Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa. Departemen Pendidikan Nasional.

Astuti, Tri Wida. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Simetri Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sayangan NO. 244 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Konseling , BK FKIP UTP, VoL18 (1) Januari 2018. ISSN: 2086-1907

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dahyana . 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Jul-Des 2014

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2009. Bintek KTSP. Jakarta: DIT. Pembianan SMA.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah & Zain. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah. 1994,Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha. Nasional.

Herrhyanto, Nar dan HM. Akib Hamid.Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Kerti, Gst Ag Sri . 2017. Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions (Stad) Studi Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X.I.Pbb2 . Jurnal Dharmasmrti Vol. Xvii Nomor 02 Oktober 2017

Monawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Studypada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun . Jurnal Pesona Dasar Universitassyiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016

Paramartha, Wayan. 2017. Mengungkap Model Pendidikan Hindu Bali Tradisional Aguron-guron . MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 32, Nomor 1, Februari 2017

Setiawati, Nanda Ayu. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017

Sanawati, Kambe, dkk. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Balingara Pada Materi Volume Kubus dan Balok. Jurnal Kreatif Tadulako Universitas Tadulako.

Syafi’I, Ahmad. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi . Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Kasih, N. . W. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu dengan Metode Demonstrasi dalam Menanamkan Nilai Keimanan. Journal of Education Action Research, 3(4), 403–409. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22330