Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Media Power Point Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA

Authors

  • I Made Widya Astawa SMP Negeri 3 Dawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28638

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Intruction, Media Power Point, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dalam proses pembelajaran. Metode pengumpulan datanya adalah menggunakan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 67,03 pada siklus I menjadi 74,44 dan pada siklus II menjadi 81,11. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yag sangat signifikan. pada awal pertemuaan ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 25,92%, pada siklus I meningkat menjadi 66,66%, dan pada siklus II peningkatannya sangat signifikan yaitu mencapai 96,29%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Intruction dengan media power point dapat meningkatkan prestasi belajar IPA.

References

Anggis, E. V. (2017). Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Mangifera Edu, 2(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v2i1.13

Aryana, Wayan. 2003. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Ringkasan Hasil Penelitian yang Disampaikan dalam Seminar Hasil Penelitian Dosen Kopwil VIII, Tanggal 22-24 September 2003. DOI: 10.23887/jear.v4i1.23955

Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya. Insan Cendikia.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn and Bacon.

Hariata, I. N. N., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10895

Jamilah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 141–154. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-08

Listiowati, Ayu Dwi, dan Antonius Tri Widodo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2, hlm. 1189-1200. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4419.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Hal. 233-245. Tersedia Pada: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/879.

Purnomo, P. (2016). Pemanfaatan Media Belajar Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vii B Semester 2 Tahun 2015 Smp Negeri 3 Banyubiru. Phenomenon, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.944

Purwanto, Wahyu, dkk. 2016. Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan PengembanganVolume: 1 Nomor: 9 Halaman: 1700-1705. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721

Suhita, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Dampak Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 189–195. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4380

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 179. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta; Prestasi Pustaka.

Yulidatullah, Silahuddin, dan Sadrina. 2018. Penggunaan Metode Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Pengukuran Nilai Resistor Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro,Vol.2, No.1, Februari 2018, hal. 39-48. http://dx.doi.org/10.22373/crc.v2i1.3259

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Astawa, I. M. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Intruction dengan Media Power Point Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 459–466. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28638