Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual

Authors

  • Hery Hartati SD Krandon Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31101

Keywords:

Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Quantum Teaching

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar yang berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model quantum teaching dengan media visual pada siswa kelas V SD. Penelitian ini termasuk penelitia tinadakan kelas. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian terbagi dalam dua siklus, Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Sample penelitia ini adalah siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang diaguankan observasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunkan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir tindakan siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 72,29% meningkat pada siklus II menjadi 88,97%. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 72,33 meningkat pada siklus II menjadi 78,33. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,33% meningkat pada siklus II menjadi 86,67% sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,24%. Disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD.

References

doe, D. P., Dibia, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V sd. Mimbar PGSD, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7452

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran, Al-Tadzkiyyah: , Vol. 7, (2016), h. 177. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1501

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

Diarsa, I. P., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 94. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19333

Elis, D. P., Nuryatin, A., & Wasino. (2017). Keefektivan Penerapan Model Role Playing dan Paired Storytelling terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Primary Education, 6(1), 57–64. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe

Ermayanti, K., Darsana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KELAS V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10828

Khairani, A. L., & Ismah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika., 2(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1642

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan disiplin dan prestasi belajar pai menggunakan model quantum teaching kelas vii mts nu al ishlah binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII(1), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.60-67

Muttaqin, M. F., Sulton, & Abidin, Z. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. JKTP, 1(3), 249–256. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/download/5180/34121038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Ni Nyoman, S. A., Lasmawan, I. W., & Akhmad Haris, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Quantum Teaching Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2825

Nugraha, R. T., Riyadi, & Hadiyah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 6(3).

Pebriana, G. R., Dibia, I. K., & Renda, N. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Universitas Pendidikan Ganesa. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/9861/6272

Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Siregar, M. W., & Situmorang, J. (2016). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Alat Ukur Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Siswa Kelas X Di Smk Al-Washliyah 4 Medan. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1), 68–79. https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i1.5006

Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764

Wahyu, M., Putra, I. K., & Suadnyana, I. N. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Pada Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan GaneshaJurusan PGSD, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7551/5159

Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7237

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Yuliati, D., Sumantri, M., & Margunayasa, G. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching and Learning Dengan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2.

Zulkifli, R., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 18–37. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1170

Downloads

Published

2021-01-13

How to Cite

Hartati, H. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis Media Visual. Journal of Education Action Research, 5(1), 102–108. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31101