Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54626Keywords:
Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Rendahnya pemahaman siswa diakibatkan siswa sendiri yang kurang tertarik terhadap pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang siswa. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1860, rata-rata 66, daya serap 66%, ketuntasan belajar 54%) dan siklus II (jumlah 2005, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 86%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan Siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 6% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 32%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV SD dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Implikasi penelitian ini diharapkan model pembelajaran Make A Match dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
References
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Alif Naharir, R., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019a). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undikhsa, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.
Arsana, I. K., Suarjana, M., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Mind Mapping berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18511
Christianti, M. R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707
Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517
Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Matematis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517.
Fahrullisa, R., Putra, F., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213.
Fitrianti, I., Handayani, D. E., & YP, S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677.
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.2526.
Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148– 160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas Vii SMP. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82 – 91. https://doi.org/10.30651/must.v3i1.1611.
Kuswari, R. (2019). Keefektifan Model Make A Match Dengan Media Rorumat Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 20–27. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17406.
Lathief Dwi Putra, M., & Nurafni, N. (2021). Bahan Ajar Media Aplikasi BAM” Math Genius” Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 358. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511.
Lin, W. R., Lin, C. Y., & Ding, Y. H. (2020). Factors affecting the behavioral intention to adopt mobile payment: An empirical study in Taiwan. Mathematics, 8(10), 1–19. https://doi.org/10.3390/math8101851.
Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Konteks Kemaritiman untuk Peserta Didik SMA Kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1530.
Mustika, N., & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889.
Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404.
Prabaningrum, & Putra. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.
Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388–397. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425.
Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Karu Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946.
Sukri, Y. F., & Indriani, F. (2017). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Think Pair Share Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Di Palopo. Publikasi Pendidikan, 7(3), 168. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i3.3760.
Susmariani, N. K., Widana, I. W., & Adi, I. N. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 230–239. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.688.
Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344–350. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450.
Utami, N. P. M. A., Ganing, N., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Suku Kata Berpegaruh Terhadap Keterampilan Menulis. Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 48–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27035.
Vhalery, R., & Anggresta, V. (2021). Perbedaan Kemampuan Analisis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check dengan Make a Match. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 01–13. https://doi.org/10.24036/011109490.
Widayanti, N. M. A. G., Sudarma, I. K., & Suarjana, I. M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD. MIMBAR PGSD, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7078.
Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SD Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Desak Putu Oka Sunedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.