Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas VI SD

Authors

  • I Wayan Sudanta SD Negeri 1 Wanagiri, Sukasada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54628

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Peta Konsep, Hasil Belajar

Abstract

Guru PKN cenderung masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas, guru yang tidak menguasai cara untuk membuat media pembelajaran yang baik. Hal tersebut akan menimbulkan kejenuhan dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan peta konsep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 35 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes belajar. Metode analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn dinyatakan hasil siswa dengan predikat baik, dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2470, rata-rata 71, daya serap 71%, ketuntasan belajar 71%) dan siklus II (jumlah 2755, rata-rata 79, daya serap 79%, ketuntasan belajar 89%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata 8% dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 18%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan peta konsep pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Implikasi penelitian ini diharapkan guru dapat terus meningkatkan kemampuan dalam memilih dan menerapkan stategi serta model pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24.

Anwar, Y., Ananda, A., Montessori, M., & Khairani, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan SAVI dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Basicedu, 6(4), 7433–7445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3355.

Bagiani, P. C. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru-Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 4(4), 501–507. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28647.

Burengge, S. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa SDN 7 Tentena Sulawesi Tengah. Jurnal Paedagogy, 7(4), 275. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2832.

Darani, N. L. wisma. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i1.33743.

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621.

Dewi, P. K., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2020). Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 379–387. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27415.

Firdaus, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(1), 96–104. https://doi.org/10.31571/saintek.v5i1.255.

Fitri, R., Neviyarni, N., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 183–193. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.322.

Fu, Q. K., Lin, C. J., Hwang, G. J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers and Education, 137, 59–77. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005.

Jimat, I. M. (2022). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). A New View of Participation: Participation in Public Spheres. In The Action Research Planner. Springer Singapore, 33–49. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2_2.

Liu, Y., Tong, Y., & Yang, Y. (2018). The Application of Mind Mapping into College Computer Programming Teaching. Procedia Computer Science, 129. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.03.047.

Mariani, M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Untuk Siswa SMAN 4 Tebo. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 200–206. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.608.

Maulidi, A. (2022). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Alat Peraga Gelas Variabel bagi Siswa SMPN 3 Kayangan. Jurnal Paedagogy, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4330.

Merchie, E., & Keer, H. Van. (2016). Mind mapping as a meta-learning strategy: Stimulating pre-adolescents’ text-learning strategies and performance? Contemporary Educational Psychology, 46. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.

Muhlisin, A., Wijaya, M. A., & Agung, I. G. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2). https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31939.

Nursoviani, L. D., Sahal, Y. F. D., & Ambara, B. (2020). Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 189. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405.

Rahayuni, N. P. A., Asri, I. A. S., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas IV. Mimbar Ilmu, 23(1), 65–72. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16408.

Rami, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Journal of Education Technology, 3(3), 186–189. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21744.

Rando, A. R., & Pali, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Di SD INPRES Ende 14. Mimbar PGSD, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.32983.

Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.

Rusdin, M. E., Widodo, & Maruto, G. (2020). Implementation Cooperative Learning Type STAD Assisted Edmodo in Improving Students’ Critical Thinking Skills. Indonesian Review of Physics, 3(1), 30–34. https://doi.org/10.12928/irip.v3i1.1766.

Sari, N. L. S. D., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2), 49–57. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21701.

Sekarini, N. N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 327–332. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45863.

Sukerti, N. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 92–101. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27090.

Sunilawati, N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575.

Suparmini, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67–73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559.

Wijaya, F., & Iriani, A. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Kompetensi ICT Guru Di Sekolah Kristen Kanaan Semarang. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 12–18. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.22927.

Wirta, I. M. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD). Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 716–725. https://doi.org/10.5281/zenodo.4562076.

Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining e-books with mind mapping in a reciprocal teaching strategy for a classical Chinese course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Sudanta, I. W. . (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 7(2), 251–257. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54628

Issue

Section

Artikel