Membentuk Kesadaran dan Keterlibatan Mahasiswa sebagai Aktor Penggunaan Transportasi dan Energi Berkelanjutan di Perguruan Tinggi

Authors

  • Robby Hilmi Rachmadian Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sumarmi Sumarmi Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Heni Masruroh Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sugeng Utaya Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Yusuf Suharto Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76919

Keywords:

Kesadaran Mahasiswa, Keterlibatan Mahasiswa, Transportasi, Energi Berkelanjutan

Abstract

Upaya mewujudkan mahasiswa yang memahami dan sadar lingkungan merupakan hal yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi. Berbagai institusi perguruan tinggi memaksimalkan sumber daya untuk meningkatkan pemahaman dan membentuk kesadaran mahasiswa dengan melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi dan keterlibatan mahasiswa sebagai aktor penggunaan transportasi dan energi berkelanjutan di perguruan tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengukur validitas instrumen, tabulasi dan visualisasi data. Responden penelitian adalah mahasiswa sebanyak 92 orang dari 9 fakultas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pemahaman dan membentuk kesadaran dalam upaya penggunaan transportasi dan energi berkelanjutan sesuai dengan hasil pengukuran persepsi pada mahasiswa. Para mahasiswa memiliki anggapan bahwa dengan melibatkan mereka dalam peningkatan kualitas lingkungan kampus dapat meningkatkan pemahaman dan membentuk kesadaran lingkungan. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan kesadaran mahasiswa dan memperkuat peran perguruan tinggi dalam melibatkan mahasiswa dalam aktivitas dalam meggunakan transportasi dan energi berkelanjutan.

References

Agnoli, S., Mancini, G., Andrei, F., & Trombini, E. (2019). The relationship between trait Emotional Intelligence, cognition, and Emotional Awareness: An interpretative model. Frontiers in Psychology, 10(JULY). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01711.

Aleixo, A. M., Leal, S., & Azeiteiro, U. M. (2018). Conceptualization of sustainable higher education institutions, roles, barriers, and challenges for sustainability: An exploratory study in Portugal. Journal of Cleaner Production, 172. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.11.010.

Aliman, M., Budijanto, Sumarmi, & Astina, I. K. (2019). Improving environmental awareness of high school students’ in Malang city through earthcomm learning in the geography class. International Journal of Instruction, 12(4). https://doi.org/10.29333/iji.2019.1246a.

Amin, S., Sumarmi, Bachri, S., Susilo, S., Mkumbachi, R. L., & Ghozi, A. (2022). Improving Environmental Sensivity Through Problem-Based Hybrid Learning (PBHL): an Experimental Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.38071.

Anthony Jnr, B. (2021). Green campus paradigms for sustainability attainment in higher education institutions – a comparative study. In Journal of Science and Technology Policy Management (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.1108/JSTPM-02-2019-0008.

Apriliyanti, K., & Rizki, D. (2023). Kebijakan Energi Terbarukan: Studi Kasus Indonesia dan Norwegia dalam Pengelolaan Sumber Energi Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 49(2).

Aramburuzabala, P., Culcasi, I., & Cerrillo, R. (2024). Service-Learning and Digital Empowerment: The Potential for the Digital Education Transition in Higher Education. Sustainability, 16(6), 2448. https://doi.org/10.3390/su16062448.

Arent, E., Sumarmi, S., Utomo, D. H., & Ruja, I. (2020). Improving students’ environmental care character through Positive Character Camp (PCC) program. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(4). https://doi.org/10.17478/jegys.771681.

Azis, A., & Artikel, S. (2019). Kajian Psikologi Konservasi untuk Pengembangan SDM melalui Program Go Green (Studi Kasus Pada Mahasiswa Penghuni Rusunawa UNNES). Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1).

Bautista-Puig, N., & Sanz-Casado, E. (2021). Sustainability practices in Spanish higher education institutions: An overview of status and implementation. Journal of Cleaner Production, 295. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.126320.

Diana Ayu, G., & Sugiarto, A. (2020). Kesadaran dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 9(2).

Fubani, A., Diheim, M., Makhya, N., & Velasufah, W. (2024). Pengetahuan dan perilaku ramah lingkungan mahasiswa. Journal of Character and Environment, 1(2). https://doi.org/10.61511/jocae.v1i1.2024.478.

Henderson, T. S., Michel, J. O., Bryan, A., Canosa, E., Gamalski, C., Jones, K., & Moghtader, J. (2022). An Exploration of the Relationship between Sustainability-Related Involvement and Learning in Higher Education. Sustainability (Switzerland), 14(9). https://doi.org/10.3390/su14095506.

Hermann, R. R., & Bossle, M. B. (2020). Bringing an entrepreneurial focus to sustainability education: A teaching framework based on content analysis. In Journal of Cleaner Production (Vol. 246). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119038.

Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Pengetahuan, 16(2).

Lualhati, G. P., Catibog, F. J. A., Holgado, R. A. L., & Liwanag, J. M. A. (2018). Discovering Ecological Awareness of Filipino Education Students. International Journal of Applied Science, 1(2), p37. https://doi.org/10.30560/ijas.v1n2p37.

Lustiyati, E. D. L., Pascawati, N. A., Rusyani, Y. Y., Untari, J., Melliani, A. P., & Yanuardo, A. C. (2023). Pemberdayaan Peran Mahasiswa Menanggapi Perubahan Iklim Melalui Gaya Hidup Berkelanjutan (Sustainable Lifestyle) Peduli Lingkungan. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.100.

Muhamad Noor, M. F., Mamat, M. Z., & Mohamad, Z. F. (2024). Impact of Engagement in Campus Sustainability Activities to Competency Development: Change Agents’ Experiences and Perspectives. Sustainability (Switzerland), 16(5), 1780. https://doi.org/10.3390/su16051780.

Munawaroh, R. Z., Abroto, A., Nugraheni, A. S., & Carlian, Y. (2022). Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan melalui Mata Kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada Mahasiswa PGMI. Instructional Development Journal, 5(1). https://doi.org/10.24014/idj.v5i1.19102.

Ngabekti, S. (2011). Persepsi mahasiswa pendidikan lingkungan hidup terhadap ketercapaian UNNES sebagai kampus konservasi untuk menuju pembangunan berkelanjutan. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Nofianti, P., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2019). Pengaruh Model Ecopedagogy terhadap Aspek Kompetensi Ekologis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12768.

Novi Andriani, Heru Sulistya, Sedya Santosa, & Adrian. (2023). Menumbuhkan Kesadaran dan Keterlibatan Sosial Mahasiswa: Best Practice Dalam Perkuliahan Mata Kuliah Filantropi Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 24(2). https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.6032.2023.

Nugrahaningsih, P., Setyaningsih, T., & Pudyaningrat, E. (2023). Green Campus Implementation Based on the Four Main Pillars of Development. International Journal of Economics, BBusiness and Accounting Research (IJEBAR), 2023(1), 311–321.

Rabbianty, E. N., Raihany, A., Syafik, M., Muqoddas, N., Irwansyah, H., Rahmawati, F., & Febrianingrum, L. (2022). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Literasi Lingkungan (Ekoliterasi): Potensi dan Tantangan Menuju Kampus Ramah Lingkungan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 10(2). https://doi.org/10.36052/andragogi.v10i2.302.

Rachmadian, R. H., Khairunisa, T., & Purwanto, P. (2023). Asesmen potensi geopark untuk pengembangan geotourism berbasis edukasi pada Goa Lowo Trenggalek. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(2). https://doi.org/10.17977/um063v3i2p141-153.

Ribeiro, J. M. P., Hoeckesfeld, L., BocaSanta, S. L., Araujo, G. G. M., Jonck, A. V., Berchin, I. I., & de Andrade Guerra, J. B. S. O. (2019). Students’ opinion about green campus initiatives: a south american university case study. In World Sustainability Series. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15864-4_26.

Sumarmi, Bachri, S., Baidowi, A., & Aliman, M. (2020). Problem-based service learning’s effect on environmental concern and ability to write scientific papers. International Journal of Instruction, 13(4). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13411a.

Sumarmi, S., Bachri, S., Irawan, L. Y., Aliman, M., & Ahmad, W. I. W. (2021). Project-Based Research Learning (PBRL) Integrated With E-Learning in Projects Completion. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7). https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21193.

Sumarmi, S., Masruroh, H., Anggara, A., & Amin, S. (2022). Sapu Bumi Segoro (SABURO) Gerakan Peduli Sampah Menuju Laut Bersih Berkelanjutan di Dusun Sendang Biru Kabupaten Malang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3). https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i3.2127.

Sumarmi, S., Sarah Rodhiah Mariza, S., Rena Anggia Sari, R., Rayhan Pratama, M., & Tanjung, A. (2022). The Effect of Vegetation Density on Land Surface Temperature in Klojen District. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i16.12186.

Sumarmi, Wahyuningtyas, N., Sahrina, A., & Aliman, M. (2022). The Effect of Environmental Volunteer Integrated with Service Learning (EV_SL) to Improve Student’s Environment Care Attitudes and Soft Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1). https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.16.

Supriatna, J. (2021). Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan. In Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wakkee, I., van der Sijde, P., Vaupell, C., & Ghuman, K. (2019). The university’s role in sustainable development: Activating entrepreneurial scholars as agents of change. Technological Forecasting and Social Change, 141. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2018.10.013.

Wibowo, N. A., Sumarmi, S., Utaya, S., Bachri, S., & Kodama, Y. (2023). Students’ Environmental Care Attitude: A Study at Adiwiyata Public High School Based on the New Ecological Paradigm (NEP). Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118651.

Widhiastuti, R., Susilowati, N., & Lianingsih, S. (2020). Environmental Behavior Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Kampus Konservasi. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 10(2). https://doi.org/10.29244/jpsl.10.2.257-269.

Widyaputra, P. K. (2020). Penerapan Infrastruktur Hijau di Berbagai Negara: Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Lingkungan. In Widina Bhakti Persada Bandung (Vol. 4, Issue 1).

Yildiz, Y., & Budur, T. (2019). Introducing Environmental Awareness to College Students with Curricular and Extracurricular Activities. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(3), 666–675. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v9-i3/5734.

Zhou, C., Zhang, D., & He, X. (2021). Transportation accessibility evaluation of educational institutions conducting field environmental education activities in ecological protection areas: A case study of zhuhai city. Sustainability (Switzerland), 13(16). https://doi.org/10.3390/su13169392.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Rachmadian, R. H., Sumarmi, S., Masruroh, H., Utaya, S., & Suharto, Y. (2024). Membentuk Kesadaran dan Keterlibatan Mahasiswa sebagai Aktor Penggunaan Transportasi dan Energi Berkelanjutan di Perguruan Tinggi. Journal of Education Action Research, 8(1), 169–178. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76919