Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Early regina Destyani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia
  • Herry Sanoto Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78636

Keywords:

Penguasaan Kosakata, Keterampilan Berbicara, Boneka Tangan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa masih belum lancar berbicara serta belum mampu menyampaikan ide, pikiran, gagasan, dan perasaan lewat komunikasi lisan, sehingga berdamapk terhadap rendahnya keterampilan berbicara siswa. Maka penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara siswa melalui media boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 22 peserta didik. Objek penelitian ini adalah penguasaan    kosakata dan keterampilan berbicara peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian penguasaan kosakata yang dilakukan pada Pra Siklus mencapai 40,90%, pada Siklus I mencapai 64,00% dan Siklus II mencapai 91,00%. Sedangkan capaian keterampilan berbicara pada Pra Siklus 45,40%, pada Siklus I mencapai 69,00% dan Siklus II mencapai 88,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media boneka tangan dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara dengan kriterian Sangat Baik.

References

Adlani, S., Agustina, R. T., & Muchtar, M. (2021). Implementasi Video Teks Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 72–77. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p72-77.

Alhan, K., & Munawaroh, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Al Tahdzib: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 93–102. https://doi.org/10.54150/altahdzib.v2i2.248.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243–251. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 57–62. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSITingkatI-B IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343.

Eliana, N. (2020). Analisis kemampuan menulis kosakata bahasa indonesia siswa kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Hazwani, M., Adityawarman, Pahrul, Y., & Fauziddin, M. (2021a). Optimalisasi Kemampuan Berbicara dengan Metode Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Paud, 6(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1424.

Hazwani, M., Adityawarman, Pahrul, Y., & Fauziddin, M. (2021b). Optimalisasi Kemampuan Berbicara dengan Metode Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1424.

Irsyad, M. (2023). Pengembangan Boneka Tangan Punokawan Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Peliata Paud, 8(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3441.

Khairoes, D., & Taufina, T. (2019). Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1038–1046. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.220.

Khaliq, A., Barsihanor, B., & Arifa, T. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas I Di Sdit Robbani Banjarbaru. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2883.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Lestari, D., Pratiwi, A. S., & Sunanih, S. (2020). Metode Pembelajaran Paired Storytelling Berbantuan Pop-Up Book Efektif Meningkatkan Keterampilan Bercerita. Mimbar Ilmu, 25(3), 440–448. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28914.

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761.

Lumbantobing, W. L., & Purnasari, P. D. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Selama Pandemi Di Wilayah Perbatasan. Sebatik, 25(2), 555–561. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1653.

Maharwati, N. K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Paud Berbantuan Media Gambar Melalui Metode Bercerita. Journal of Education Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800.

Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.2174.

Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.

Plandra, B., & Thahar, H. E. (2020). Korelasi Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Negeri 17 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 32. https://doi.org/10.24036/108261-019883.

Puspitasati, N. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 4(2), 163. https://doi.org/10.30998/inference.v4i2.6027.

Rana, A., Naba, A. H., & Nasaruddin. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di TK Harapan Tamatiku. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.58230/27454312.156.

Salamah, U., Hariyani, I. T., & Fitri, N. D. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Media Boneka Kaus Kaki. J-Sanak: Jurnal Kajian Anak, 2(2). https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.817.

Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan Literasi Berbicara Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2822.

Selvimar, E., & Gani, E. (2019). Korelasi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Smp Negeri 18 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 77. https://doi.org/10.24036/103917-019883.

Serani, G., Ilinawati, & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.741.

Simaremare, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bergambar Pada Materi “Teks Percakapan” Pada Siswa Kelas V SD ST. Yoseph Medan. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11771.

Sumayana, Y., Sutarman, & Ningsih, D. R. (2021). Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Ekonomi. Jurnal Educatio, 7(1), 260–264. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.917.

Wahidah, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD INP Tanetea kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Jurnal Study Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 148–156. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.249.

Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.31539/literatur.v1i2.2406.

Wildawati, Saodi, S., & Rusmayadi. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3374.

Yeyet. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawDalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043.

Yusni, Y. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dengan Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 440–455. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.94.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Destyani, E. regina, & Herry Sanoto. (2024). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 8(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78636

Issue

Section

Artikel