Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quick On The Draw

Authors

  • Luh Putu Sukarti SD Negeri 5 Melinggih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22329

Abstract

Tujuan melakukan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKN siswa Kelas I SD Negeri 5 Melinggih pada semester II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas I SD Negeri 5 Melinggih. Cara yang dilakukan adalah menambah gaya pembelajaran lama yang konvensional menjadi cara pembelajaran baru yang bersifat penemuan menggunakan model pembelajaran Quick On The Draw. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya dilakukan dengan tahap poerencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data hasil penelitian digunakan tes prestasi belajar dan untuk menganalisis datanya digunakan analisis deskriptif. Dilihat dari hasil evaluasi yang telah dilakkukan terjadi peningkatan dari data awal dengan rata-rata 66,44, ketuntasan belajar 42,10%. Pada siklus I rata-ratanya 69,86 meningkat menjadi 76,57 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 94,73%. Dengan demikian dapat disampaikan simpulan bahwa penerapan model Quick On The Draw dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa kelas I Semester II SD Negeri 5 Melinggih.

Kata Kunci: Prestasi Belajar PKN, model Quick On The Draw.

References

Adnyani, Nyoman. 2002. Kelemahan-kelemahan Peneriman Siswa SMP yang Beracuan pada NUAN. Makalah yang Disampaikan dalam Seminar Ilmiah Universitas Mahasaraswati, Septermber 2003.

Ali, MS. 2002. Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Beberapa Faktor Psikologis. Disertasi. IKIP. Jakarta.

Alien, Deborah .et-al 1996.The Power of Problem Based Learning in Teaching Introductory Science Courses. Jossey-Boss Publisher.

Amien, Moh. 1996. Perkembangan Intelektual Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 3 No. 4. Jakarta: LTPTK dan ISP.

Anastasi, Anne. 1976. Psychological Testing. Fifth Edition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc.

Anom. 2000. Profesionalisme Guru Fisika dalam Menghadapi Tantangan Era Global.Makalah.Disampaikan pada Seminar dalam Rangka HUT ke 36 Jurusan Fisika STKIP Singaraja pada 1 hari Minggu 5 Nopember 2000.

Ardana, Nengah. 1999. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Pemberian Tugas dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Fisika pada Siswa SMP Negeri 1 Denpasar. Skripsi.IKIP Mahasaraswati Tabanan.

Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Emi Yuliani, dkk. 2017. Penerapan Pembelajaran Quick On The Draw Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Volume 2 Nomor 1.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017

Miswandi. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle . Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual . Vol. 2 No. 3, Juli 2018

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Pratiwi, Noor Komari . 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang . Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember 2015

Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an . Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1

Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional . Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2013 Vol. Xiii, No. 2

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Sukarti, L. P. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Quick On The Draw. Journal of Education Action Research, 3(4), 396–402. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22329