Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Authors

  • Ni Made Perawati SMK Negeri 1 Klungkung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931

Keywords:

Model Pembelajaran Think-Talk-Write, Diskusi Kelompok Kecil Prestasi Belajar Bahasa Inggris

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris disebabkan oleh model pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensiaonal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Talk Write dengan diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 66,11, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 72,36 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,75. Jadi, model pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas X.

References

Andika, I. M. P., Suadnyana, I. N., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Sains Siswa Kelas V SD Gugus 6 Batubulan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1874.

Angriani, A. D., Bernard, B., Nur, R., & Nurjawahirah, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas Viii1 MTsN MODEL MAKASSAR. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n1a2.

Chang, C. C., Tseng, K. H., & Tseng, J. S. (2011). Is single or dual channel with different English proficiencies better for English listening comprehension, cognitive load and attitude in ubiquitous learning environment? Computers and Education, 57(4), 2313–2321. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.06.006.

Ernawati, E. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan Dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 125–131. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.285.

Göbel, K., & Helmke, A. (2010). Intercultural learning in English as foreign language instruction: The importance of teachers’ intercultural experience and the usefulness of precise instructional directives. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1571–1582. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.05.008.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Jurnal Pedagogia, 5(2). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/246/227.

Miasari, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Pada Siswa Kelas Vi Semester Ii Sd Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1). http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW/article/view/885.

Parmika, D. M., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15967.

Safitri, M., Gunatama, G., & Darmayanti, I. A. M. (2014). Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3288/2716.

Segara, N. B., & Hermansyah, H. (2019). Online Peer Assessment Untuk Mengembangkan Keterampilan Presentasi Oral Diskusi Kelompok Kecil pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 139–151. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/20191/pdf.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576.

Trisnani, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SD Kelas V Melalui Tipe Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 92–102. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p92-102.

Wang, Y., & Treffers-Daller, J. (2017). Explaining listening comprehension among L2 learners of English: The contribution of general language proficiency, vocabulary knowledge and metacognitive awareness. System, 65, 139–150. https://doi.org/10.1016/j.system.2016.12.013.

Yang, Y. T. C., Chuang, Y. C., Li, L. Y., & Tseng, S. S. (2013). A blended learning environment for individualized English listening and speaking integrating critical thinking. Computers and Education, 63, 285–305. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.12.012.

Zhang, L. J. (2016). Reflections on the pedagogical imports of western practices for professionalizing ESL/EFL writing and writing-teacher education. Australian Review of Applied Linguistics, 39(3), 203–232. https://doi.org/10.1075/aral.39.3.01zha.

Downloads

Published

2021-02-08

How to Cite

Perawati, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931