Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia

Penulis

  • I Pande Putu Alit Antara SMA Negeri 1 Semarapura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292

Kata Kunci:

model pembelajaran problem based learning, hasil belajar kimia, penelitian tindakan kelas, termokimia

Abstrak

Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semarapura di Kelas XI MIPA.4 Semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran kimia cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 76,54 dengan ketuntasan belajarnya 71,43%, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 80,77 dengan ketuntasan belajarnya 88,57% dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 84,49 dengan ketuntasan belajarnya 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan  hasil belajar kimia pada pokok bahasan termokimia.

Diterbitkan

2022-02-03

Cara Mengutip

Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Reseach, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292

Terbitan

Bagian

Artikel