Model Pembelajaran Tipe JIGSAW Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Penulis

  • Budi Syahri Universitas Negeri Padang
  • M Giatman Universitas Negeri Padang
  • Mukhlidi Muskhir Universitas Negeri Padang
  • Hansi Effendi Universitas Negeri Padang
  • Antoni Hilman Student Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52429

Kata Kunci:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Jigsaw, Problem Based Learning

Abstrak

Kemajuan pembelajaran terlihat pada perolehan nilai keaktifan dan hasil belajar siswanya. Namun praktiknya, pembelajaran yang berlangsung kurang optimal. Metode pembelajaran biasanya berpusat pada guru dan monoton. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran tipe jigsaw berbasis problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian berjenis classroom action research. Subjek penelitian siswa kelas X TPM berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dengan observasi dan memberikan soal tes kepada siswa. Terdapat dua siklus dengan tiga pertemuan. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data perubahan keaktifan belajar peserta didik, dan lembar tes digunakan menilai hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis persentase. Hasil Penelitian mengungkapkan aktivitas belajar meningkat dari 60,23% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Hasil belajar terjadi peningkatan kesempurnaan klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 63,63 dengan jumlah 14 orang peserta didik, dan pada siklus II sebesar 81,81 dengan ketuntasan 18 orang peserta didik. Disimpulkan penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbasis problem based learning dapat menaikkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Teknik Elemen Mesin Mekanik Kelas X TPM. Implikasi penelitian ini diharapkan model pembelajaran tipe Jigsaw basis Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Referensi

Agustina, E., Nugroho, A. C. ., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan metode pembelajaran jigsaw berbantuan handout untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas XC SMA Negeri 1 Gubug tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 66–71.

Alizar, M., Suparno, S., Helmi, N., & Refdinal, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Di Kelas X Smk Negeri 2 Painan. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 13–19. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.79.

Ambiyar, A., Syahri, B., Adri, J., Nurhaliza, N., & Islami, S. (2020). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Mata Diklat Gambar Sketsa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 125–138. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.22353.

Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117.

Ardhan, Y., & Prasetya, F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Di SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 56–63. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.95.

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.528.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Asma. (2012). Model Pembelajaran. UNP Press.

Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.

Berlyana, M. D. P., & Purwaningsih, Y. (2019). Experimentation of STAD and Jigsaw Learning Models on Learning Achievements in terms of Learning Motivation. International Journal of Educational Research Review, 4(4), 517–524. https://doi.org/10.24331/ijere.628311.

Bito, G. S. (2016). Aktivitas Bermain Sebagai Konteks Dalam Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 250. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2796.

Bosica, J., S.Pyper, J., & Gregor, S. Mac. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335.

Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning Dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83–98. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.25460.

Datreni, N. L. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. 6(3), 369–375. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49468.

Dewi, W. P., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.36859.

Dupri, D., Candra, O., Candra, A., & Suryani, D. A. (2020). The Implementation of Problem Based Learning Model in Improving Cooperation and Learning Outcomes in Physical Education. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.22531.

Emputri, Y., Ambiyar, & K, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Smk Negeri 1 Pariaman. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.17.

Fadilah, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil dan Aktivitas Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Limit Fungsi. Journal of Education Action Research, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44293.

Fajriyah, E. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Double Loop Problem Solving Berpendekatan RME-PISA. Universitas Negeri Semarang.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906.

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Frost, H., Tooman, T., Ackerman, P., & Dziedzic, K. (2022). Advanced Practice Physiotherapists and the implementation of the JIGSAW-E model for the management of osteoarthritis in Scottish primary care settings: a qualitative case study. Physiotherapy, 117, 81–88. https://doi.org/10.1016/j.physio.2022.08.007.

Gao, X., Wang, L., Deng, J., Wan, C., & Mu, D. (2022). The effect of the problem based learning teaching model combined with mind mapping on nursing teaching: A meta-analysis. Nurse Education Today, 111, 105306. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105306.

Hartina, A. W., & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Tematik. 6(3), 341–347. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49828.

Juwahir, J., & Subagyo, S. (2018). Penerapan Metode Jigsaw Guna Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Taman Vokasi, 6(1), 46. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2832.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.

Kiriana, I. N. (2021). Increase Student Learning Interest in Covid-19 with Digital Teaching Materials. Journal of Education Technology, 5(2), 322. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.33997.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 199–205. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8735.

Mikrayanti, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 33–39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355.

Mohammed, G. S., Wakil, K., & Nawroly, S. S. (2018). The Effectiveness of Microlearning to Improve Students’ Learning Ability. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 32–38. https://doi.org/10.30659/e.1.1.68-75.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Naibaho, D. (2018). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v2i1.112.

Nugroho, A. P., Syahri, B., Aziz, A., & Rifelino, R. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Teknik Otomasi Industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 4(2), 59–64. https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.355.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 281–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496.

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i1.23.

Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215.

Putra, I. M., Refdinal, R., Indrawan, E., & Prasetya, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i1.173.

Putra, M. A. T., Ambiyar, A., Hasanuddin, H., & K, A. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan, Keterampilan, Dan Hasil Belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 83–90. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i1.91.

Rahayu, N. W. ., Ketut, S., & Arnyana, I. B. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Mind Map Terhadap Hasil Belajar IPA Dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 8(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16282.

Rahim, B., Suparno, S., Erizon, N., & Syahri, B. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Matakuliah Teknologi Proses Fabrikasi. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 1(2), 49–54. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i2.63.

Rahmana, F., Susilawati, S., & Kosim, K. (2021). The Effectiveness of Video-Assisted Problem-Based Physics Learning Devices to Improve Students’ Problem-Solving Ability on Elasticity Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7, 326–330. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.1237.

Refdinal, R., Ambiyar, A., Waskito, W., & Nurdin, H. (2019). Assessment Methods with Gradations of Answers on Learning through E-Learning. March. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.31.

Reni, S. A., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 270–279. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p270.

Rito, F. G., Ambiyar, A., K, A., & Erizon, N. (2020). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Siswa Kelas X Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(1), 38–45. https://doi.org/0.24036/vomek.v2i1.83.

Romero, R., De Las Heras, M. a., Sáenz-Lopez, P., & Fernández-Ozcorta, E. J. (2020). One step closer to understanding motivation in scientific education: The incorporation of science textbooks as a predictor, together with motivational climate and basic psychological needs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 590–599. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.24864.

Rusman. (2012). Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi Kedu). Rajawali Pers.

Sampurna, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Edicatio, 7(4), 2116–2120. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1752.

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10934.

Sunarso dan Paryanto. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Competence-Based Training Pada Pembelajaran Praktik Kerja Mesin. Jurnal Kependidikan, 46(1), 69–83. https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9573.

Sunilawati, N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 5(4). https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40575.

Syahri, B., Syahril., & Yuliana. (2015). Strategi Pembelajaran Problem Solving di SMK N 10 Padang. In: 3 Rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training (TVET): Technical and Vocational Education and Training for Sustainable Societies, 16–17(Oktober), 124–128.

Syahri, Budi, Media, A., & Prasetya, F. (2018). Model Pembelajaran Analogi untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT-UNP. Seminar Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Indonesia (APTEKINDO), 3(8), 1–16.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Wardani, N. K. T., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Catur Paramitha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 25. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24358.

Widiana, I. N. A., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD gugus XIV, kecamatana Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5675.

Wyness, L., & Dalton, F. (2018). The value of problem-based learning in learning for sustainability: Undergraduate accounting student perspectives. Journal of Accounting Education, 45, 1–19. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2018.09.001.

Yang, N., & Li, T. (2020). How stakeholders’ data literacy contributes to student success in higher education: a goal-oriented analysis. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00220-3.

Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran TAPPS Berbasis Pendekatan (STEM). Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 117–125. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.373.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366.

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

Budi Syahri, M Giatman, Mukhlidi Muskhir, Hansi Effendi, & Antoni Hilman. (2023). Model Pembelajaran Tipe JIGSAW Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Reseach, 7(1), 58–67. https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52429

Terbitan

Bagian

Artikel