Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar PPKn melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i1.52519Kata Kunci:
Hasil Belajar, Kooperatif Yipe Teams Game Tournament (TGT)Abstrak
Penggunaan metode pembelajaran konvensional menyebabkan rasa bosan pada siswa yang berpengaruh terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn melalui metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 2 siklus. dengan subyek penelitian siswa yang berjumlah 35 orang siswa. Data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dikumpukan dengan teknik observasi instrument. Sedangkan hasil belajar siswa diambil pada setiap akhir siklus yang diberikan dengan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes akhir. Untuk aktivitas belajar siswa dianalisis dengan Lembar observasi, instrumen ini dirancang peneliti berkolaborasi dengan guru mitra. Dan hasil tes akhir dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan d bahwa penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar PPKN pada materi pokok Kasus-kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam perspektif Pancasila siswa.
Referensi
Arta, I. M., Japa, I. G. ., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–272. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25435.
Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331.
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9.
Az’ Zahra, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Poster Interaktif Berbasis Android Pada Muatan Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131–144. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066.
Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.
Gunarta, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.
Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipa Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 1(4), 249–263. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.
Hendaryati, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Melalui Team Games Tournament Learning (Uno Stacko Challenge). JURNAL PROMOSI, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2034.
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539. https://doi.org/10.4236/ce.2019.1012180.
Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006.
Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411.
Masykur, R., Rosidin, U., & Iqbal, A. M. (2018). Implementasi Kurikulum KKNI Pada Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.205.
Minardiningsih, B. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Di SMP Negeri 1 Sakra Barat. Fondatia, 3(1), 42 – 54. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i1.195.
Munir, A., Arief Nur Wahyudi, & Aba Sandi Prayoga. (2021). Pendekatan Model Discovery Learning dalam Keterampilan Teknik Shooting Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Modern, 6(2). https://doi.org/10.37471/jpm.v6i2.190.
Murtiyasa, B., & Hayuningtyas, W. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe Kooperatif Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 358–368. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2765.
Mustika, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal IKA, 18(1). https://doi.org/10.23887/ika.v18i1.28384.
Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.
Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i1.14014.
Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu, 1(3), 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v1i3.113.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136.
Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878.
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638.
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260.
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(1). https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30.
Soleh, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.239.
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan Volu, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.
Sukerta, I. M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 447–562. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29760.
Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obs.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 I Nyoman Sudiana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.