Buku Cerita Bergambar Bermuatan Nilai Karakter Utama Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca

Penulis

  • Made Savitri Yugakisha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.80644

Kata Kunci:

Buku Cerita Bergambar, Nilai Karakter, Keterampilan Membaca

Abstrak

Nilai-nilai karakter belum sepenuhnya ditanamkan. Beberapa fenomena kenakalan yang sering dilakukan siswa SD dan tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter yang baik meliputi berkelahi, mengejek, bullying, perilaku kekerasan dan tindakan-tindakan negative lainnya. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama untuk meningkatkan keterampilan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 pakar/ahli materi, 2 pakar/ahli media, 1 guru dan 30 siswa. Instrumen pengumpulan data pada angket (kuisioner) meliputi angket penilaian media, materi, respon guru dan respon siswa. teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini yaitu validitas buku cerita dengan kriteria sangat valid, kepraktisan guru dengan kriteria sangat praktis, kepraktisan siswa yang tergolong sangat praktis. Pada uji efektivitas menunjukan buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SD. Disimpulkan buku cerita bergambar bermuatan nilai karakter utama efektif digunakan dalam pembelajaran.

Referensi

Adiansah, W., Setiawan, E., Nurdini, W., & Hery, K. (2019). P erson in Environm ent Remaja Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. 2, 47–60. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Agustina, L. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Delanggu. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 116–119.

Airlanda, P. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5715.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5981.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492.

Artikel, I., Interesting, R., & Stories, P. (2024). Menumbuhkan minat membaca siswa mi/sd melalui cerita bergambar. 01(02). https://doi.org/10.55799/attaksis.v1i2.394.

Bobo, M. (2018). Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1 Januari 2018 http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD. 2(1), 69–83.

Daniel, B. K., & Harland, T. (2020). Higher Education Research Methodology. Higher Education Research Methodology. https://doi.org/10.4324/9781315149783.

Dodi, I. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73 https://doi.org/10.58230/27454312.73.

Eliyantika, E., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Guru Kelas IV SDN Kemiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.749.

Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan karakter berbasis budaya sebagai solusi degradasi bangsa. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.55115/purwadita.v4i1.540.

Guru, U., Mengatasi, D., Siswa, K., Sekolah, T., Negri, D., & Bemban, E. (2024). Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa kelas tinggi sekolah dasar negri 06 emang bemban. 2(2), 27–33. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/ADJPP/article/viewFile/2133/783.

Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44.

Hasbullah, J. dan A. M. (2019). Strategi Belajar Mengajar dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.33650/edureligia.v3i1.859.

Hidayah, F. R. (2022). Pembentukan karakter anak melalui buku cerita bergambar yang berjudul aku bahagia karya watiek ideo dan fitri restiana .

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774.

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1415.

Kholifah, W. T. (2020). Research & Learning in Primary Education Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.614.

Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101–110. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/spasi/article/view/150.

Lestari. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1278.

Maspika, S., & Kurniawan, W. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Vakt (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. American Journal of Psychology, 2(1), 61–78. https://doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4153.

Mia, K. X., & Ende, M. A. N. (2018). Efektivitas pendekatan saintifik berbasis inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar fisika kelas x mia man ende. 2(1), 56–60. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/163/133.

Mitasari, N. R. (2018). Model Pembelajaran Edutainment Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.698.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409.

Nahar, N. (2020). The mastery of malay reading and writing skills among students of non-native speakers in national-type school. Issues in Language Studies, 9(1), 107–123. https://doi.org/10.33736/ILS.2223.2020.

Ndraha, H., & Harefa, A. R. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 06(01), 5328–5339. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3714.

Nopiantika, H. (2022). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 01 Kabawetan. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2(8), h. 263-272. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/724.

Nyoman, N., Diana, R., Ayu, I. D., Budhyani, M., Angendari, M. D., Studi, P., Kesejahteraan, P., & Teknik, F. (2021). Efektivitas Model Explicit Instruction Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Busana Wanita. 11, 77–86. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPKK/article/view/30538/17559.

Paramita, G. A. P. P., Gede Agung, A. A., & Abadi, I. B. G. S. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45499.

Puri, L. W., Nurkholipah, S., & Putri, R. N. A. W. (2017). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 599–603.

Ramiati, E., Mashuri, I., & Safitri, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 3 di MI An-Nidhom Kebonrejo Genteng. INCARE: International Journal Of Educatoin Resources, 02(03), 255–268. Ramiati, E., Mashuri, I., & Safitri, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 3 di MI An-Nidhom Kebonrejo Genteng. INCARE: International Journal Of Educatoin Resources, 02(03), 255–268.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Rosadi, F., Akhlakul, N., & Karimah, N. (2021). SENAPADMA Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Komik Improving Student Motivation Through Comic Learning Media. Senapadma, 1, 87–96. https://senapadma.nusaputra.ac.id/index.

Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.173.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857.

Saputro. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138.

Satrijono, H., Fitri Badriyah, I., & Surya Hutama, F. (2019). Penerapan Strategi Know, Want To Know, Learned (KWL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02. Jpk, 5(1), 102–107.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Sipahutar, R. S., Basri, A., Sari, S. P., Guru, P., Dasar, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2023). Penggunaan Media Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Pada Materi Part Of Body Di Sekolah Nida Suksasat School Satun Thailand. 3, 12347–12361.

Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital. 2(1), 114–126.

Sofiardi, I., Wardhani, I. S. K., & William, N. (2022). Pengembangan Buku Cerita Berkarakter Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Peduli Sosial Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–29. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.284.

Student, M. T., Kumar, R. R., Omments, R. E. C., Prajapati, A., Blockchain, T.-A., Ml, A. I., Randive, P. S. N., Chaudhari, S., Barde, S., Devices, E., Mittal, S., Schmidt, M. W. M., Id, S. N. A., PREISER, W. F. E., OSTROFF, E., Choudhary, R., Bit-cell, M., In, S. S., Fullfillment, P., … Fellowship, W. (2021).

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). 2 1, 4, 5. 8(1), 108–118.

Sukatin, Nur’aini, Sari, N., Hamidia, U., & Akhiri, K. (2022). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(2), 7–13. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783.

Sumartini, N. W. E. (2021). Memanfaatkan Digitalisasi Pendidikan dalam Pengembangan Potensi Siswa. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No. 3, 1, 135.

Wulandari, Yulia., & M. J. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Min 38 Aceh Besar. Prodising Seminar Nasional Biotik., 5(1), 793–797.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Zhou, Yang, & Wang. (2020). Guru elemen utama yang memiliki peran penting dalam pendidikan formal. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Yugakisha, M. S., & I Wayan Kertih. (2024). Buku Cerita Bergambar Bermuatan Nilai Karakter Utama Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Journal of Education Action Reseach, 8(2), 239–246. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.80644

Terbitan

Bagian

Artikel