KEEFEKTIFAN BUDAYA LITERASI DI SD N 3 BANJAR JAWA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jere.v1i4.12054Keywords:
budaya literasi, SD N 3 Banjar Jawa, dan minat bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan budaya literasi di SD N 3 Banjar Jawa untuk meningkatkan minat baca siswa. Metode atau teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: wawancara, observasi, angket, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, yaitu: reduksi, sajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian terjadi peningkatan minat baca siswa sebesar 27%. Program budaya literasi ini dikemas dengan kegiatan 15 menit membaca sebelum jam pelajaran, melaksanakan sabtu literasi, menata perpustakaan, dan menciptakan lingkungan yang kaya teks.References
Kartika, N. dan Nugrahanto, W. 2014. Mengembangkan Minat Baca di Masyarakat Desa Pasanggrahan dan Desa Malongpong Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat (Dharmakarya). Vol.3, No.1, Hal 19-25. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=429133&val=7248&title=MENGEMBANGKAN%20MINAT%20BACA%20DI%20MASYARAKAT%20DESA%20PASANGGRAHAN%20DAN%20DESA%20MALONGPONG%20KECAMATAN%20MAJA%20KABUPATEN%20MAJALENGKA. Diakses tanggal 11 Oktober 2017.
Lipton, L dan Hubble, D. 2016. Sekolah Literasi: Perencanaan dan Pembinaan. (diterjemahkan oleh: Fuad Ferdinan). Bandung:Nuansa.
Moleong, L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurchaili. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. Jurnal Libria. Vol.8, No. 2, Hal. 197-209. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=7&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwij86rw_XWAhVLPI8KHfpsBRoQFghLMAY&url=http%3A%2F%2Fjurnal.arraniry.ac.id%2Findex.php%2Flibria%2Farticle%2Fdownload%2F1211%2F906&usg=AOvVaw3Mi-FXy9cwvv6vHi-O1tRj. Diakses tanggal 11 Oktober 2017.
Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahma, N.M, dkk. 2015. STRATEGI PENINGKATAN MINAT BACA ANAK (Studi pada Ruang Baca Anak Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik. Vol.3, No.5, Hal-763-769. https://media.neliti.com/media/publications/81738-ID-strategi-peningkatan-minat-baca-anak-stu.pdf. Diakses tanggal 10 Oktober 2017.
Sudiana, I.Y. 2007. Membaca. Malang:UM Press
Website Resmi Pemerintah Bekasi. 2016. Survei UNESCO: Minat Baca Masyarakat Indonesia 0,001 Persen. Http://gobekasi.pojoksatu.id/.Diakses tanggal 10 Oktober 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)