PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS XI, SMKN 1 SUKAWATI GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12508Keywords:
model problem based learning, hasil belajar, PKnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Civic (demokrasi) dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian adalah 21 Siswa Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah skor rata-rata siswa yaitu 70,48 dengan persentase 70,48% yang termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus kedua, rata-rata skor 84,05 dengan persentase 84,05% yang termasuk dalam kategori tinggi. Kenaikan rata-rata sebesar 13,57%, yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa (civil society)References
Amir, M. Taufiq. 2007. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Keterampilan BerP.Kn. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rusyan, A. Tabrani, dkk. 1992. Penentuan Belajar yang Sukses. Jakarta: Nine Karya Jaya.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajarn Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Zuriah, Nurul. 2006. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)