PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS XI, SMKN 1 SUKAWATI GIANYAR

Authors

  • Dewa Putu Raka Tista SMKN 1 Sukawati Gianyar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12508

Keywords:

model problem based learning, hasil belajar, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Civic (demokrasi) dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian adalah 21 Siswa Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah skor rata-rata siswa yaitu 70,48 dengan persentase 70,48% yang termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus kedua, rata-rata skor 84,05 dengan persentase 84,05% yang termasuk dalam kategori tinggi. Kenaikan rata-rata sebesar 13,57%, yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa (civil society)

References

Amir, M. Taufiq. 2007. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning : Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyati, Yeti, dkk. 2007. Keterampilan BerP.Kn. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rusyan, A. Tabrani, dkk. 1992. Penentuan Belajar yang Sukses. Jakarta: Nine Karya Jaya.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajarn Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Zuriah, Nurul. 2006. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Tista, D. P. R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA KELAS XI, SMKN 1 SUKAWATI GIANYAR. Journal of Education Technology, 1(3), 218–223. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12508

Issue

Section

Articles