PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDI BAJAWA KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

Maria Patrisia Wau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDI Bajawa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDI Bajawa. Sampel penelitian ini adalah  semua siswa kelas IV SDI Bajawa dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data yang dikumpul dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Hasil belajar IPS dikumpulkan melalui tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik Inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Dari perhitungan uji-t  diperoleh t-hitung = 15,02. Karena n1 ≠ n2 dan homogen maka t-tabel dengan db = n1 + n2 - 2 =39 dengan taraf signifikansi 5 %  (α=0,05) adalah 2,042. Ternyata t-hitung = 15,02 > t-tabel = 2,042, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari rata-rata hitung diketahui bahwa rata-rata hitung kelompok Eksperimen lebih tinggi dari kelompok Kontrol (66,40 > 56,9). Dengan demikian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. 


Keywords


Hasil Belajar IPS; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Wau, Maria Patrisia (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDI Dolumolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 13-21.

Made Wena. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Martorella, P.H. (1994). Social studies for elementary school children, developing young citizen. New York: Merill.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Surabaya: Kencana.

----------- (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860

Article Metrics

Abstract view : 1468 times
PDF file view : 2855 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.