PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDI BAJAWA KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA

Authors

  • Maria Patrisia Wau Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDI Bajawa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDI Bajawa. Sampel penelitian ini adalah  semua siswa kelas IV SDI Bajawa dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data yang dikumpul dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Hasil belajar IPS dikumpulkan melalui tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik Inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Dari perhitungan uji-t  diperoleh t-hitung = 15,02. Karena n1 ≠ n2 dan homogen maka t-tabel dengan db = n1 + n2 - 2 =39 dengan taraf signifikansi 5 %  (α=0,05) adalah 2,042. Ternyata t-hitung = 15,02 > t-tabel = 2,042, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari rata-rata hitung diketahui bahwa rata-rata hitung kelompok Eksperimen lebih tinggi dari kelompok Kontrol (66,40 > 56,9). Dengan demikian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. 

References

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Wau, Maria Patrisia (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDI Dolumolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 13-21.

Made Wena. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.

Martorella, P.H. (1994). Social studies for elementary school children, developing young citizen. New York: Merill.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Surabaya: Kencana.

----------- (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-12-19

How to Cite

Wau, M. P. (2017). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDI BAJAWA KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA. Journal of Education Technology, 1(4), 239–245. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860

Issue

Section

Articles