PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDI BAJAWA KECAMATAN BAJAWA KABUPATEN NGADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12860Keywords:
Hasil Belajar IPS, Model Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SDI Bajawa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa SDI Bajawa. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDI Bajawa dengan kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data yang dikumpul dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Hasil belajar IPS dikumpulkan melalui tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik Inferensial dengan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Dari perhitungan uji-t diperoleh t-hitung = 15,02. Karena n1 ≠ n2 dan homogen maka t-tabel dengan db = n1 + n2 - 2 =39 dengan taraf signifikansi 5 % (α=0,05) adalah 2,042. Ternyata t-hitung = 15,02 > t-tabel = 2,042, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari rata-rata hitung diketahui bahwa rata-rata hitung kelompok Eksperimen lebih tinggi dari kelompok Kontrol (66,40 > 56,9). Dengan demikian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.
References
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Wau, Maria Patrisia (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDI Dolumolo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 13-21.
Made Wena. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara.
Martorella, P.H. (1994). Social studies for elementary school children, developing young citizen. New York: Merill.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Surabaya: Kencana.
----------- (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)