PENERAPAN PERSON CENTERED THERAPY DI SEKOLAH (EMPATHY, CONGRUENCE, UNCONDITIONAL POSITIVE REGARD) DALAM MANAJEMEN KELAS

Authors

  • Vivi Ratnawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12862

Keywords:

Person centered therapy, empathy, congruence, unconditional positive regard

Abstract

Artikel ini membahas Person centered therapy dibidang konseling, untuk membantu dalam proses hubungan, empathy, congruence, unconditional positive regard, sebagai konsep penting pendekatan tersebut dan sebagai saran terhadap manajemen kelas. Merupakan hal yang penting jika proses belajar-mengajar berpusat pada siswa, sehingga pertimbangan siswa akan berpusat pada segala hal yang berhubungan dengan pendidikan. Ketika siswa menjadi bagian dari suatu keputusan maka siswa akan merasa ikut berperan dan bertanggung jawab. Dalam person centered therapy mungkin tidak menawarkan solusi yang siap jadi atau mengarahkan klien untuk mengikuti strategi mengatasi masalah tertentu. Apa yang terapis lakukan adalah menggunakan kesempatan dalam hubungan kepercayaan melalui penghargaan terhadap klien sehingga masalah yang dihadapi dapat diselesaikan. Secara keseluruhan, klien diasumsikan dapat memiliki kemampuan untuk membuat solusi atas permasalahannya, dan terapis hanya bertindak sebagai teman dalam proses penyembuhan.

References

Barnard, D. (1984). The personal meaning of illness: Client-centred dimension of medicine and health care. Cited in P. T. Clarke (2004), A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling

Carkhuff, R. R. (1969a). Beyond counseling and therapy. Cited in E. L. Tudor, K. Keemar, T. Keith, J. Valentine, & M. Worrall, M. (2004). The person-centred approac. A contemporary introduction. Basingstoke: Palgrave Macmillan

Carkhuff, R. R. (1969b). The art of helping. Cited in E. L. Tudor, K. Keemar, T. Keith, J. Valentine, & M. Worrall (2004). The person-centred approach. A contemporary introduction. Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Clarke, P. T. (1994). A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling

Corey, G. 2009. Theory and Practice: Counseling and Psychotherapy. Belmont CA: Brooks/Cole Cengage Learning

Dryden, W. (1990). Rational-emotive counseling in action. Cited in E. L. Tudor, K. Keemar, T. Keith, J. Valentine, & M. Worrall (2004). The person-centred approach. A contemporary introduction. Basingstoke: Palgrave Macmillan

Egan, G. (1990). The skilled helper: A systematic approach to effective helping. Brookes/Cole publishing company

Fox, M. (1993). Psychological perspectives in education. London: Cassell Education Limited

Hill, J. (1994). Person-centred approaches in schools. Manchester: Manchester Pccs books

Liestaer, G. (1984). Unconditional positive regard: A controversial basic attitude in client centred therapy. Cited in P. T. Clarke (1994). A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling, 22

Mearns, D., & Thorne, B. (1988). Person-centred counseling in action. Cited in P. T. Clarke (1994). A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling

Nelson, J. R. (2000). Practical counselling skills. Mumbai: Better you books

Patterson, C. H. (1980). Theories of counseling and psychotherapy. Cited in P. T. Clarke (1994). A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling

Thorne, B. (1984). Person-centred therapy. Cited in P. T. Clarke (1994). A person-centred approach to stress management. British Journal of Guidance & Counselling

Tudor, E. L., Keith, T., Valentine, J., Worrall, M. (2004). The person-centred approach. A contemporary introduction. Palgrave Macmillan

Downloads

Published

2017-12-19

How to Cite

Ratnawati, V. (2017). PENERAPAN PERSON CENTERED THERAPY DI SEKOLAH (EMPATHY, CONGRUENCE, UNCONDITIONAL POSITIVE REGARD) DALAM MANAJEMEN KELAS. Journal of Education Technology, 1(4), 252–259. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12862

Issue

Section

Articles