UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK PAUD BERBANTUAN MEDIA GAMBAR MELALUI METODE BERCERITA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13800Keywords:
bahasa lisan, media gambar, metoda berceritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa lisan anak berbantuan media gambar melalui metoda bercerita pada anak kelompok B1 TK Negeri Negara Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 TK Negeri Negara yang berjumlah 20 orang siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus I ke siklus II, dimana anak yang aktif pada akhir siklus I sebanyak 9 anak atau 45 %, dan anak yang memperoleh hasil belajar bintang 3 (***) sebanyak 10 anak atau 50 %. Pada akhir siklus II anak yang aktif belajar menjadi 18 anak atau 90% dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II dengan predikat bintang 3 (***) menjadi 18 anak atau 90%.
References
Agung. A. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Dhieni, N. (2007). Metode Pengembangan Bahasa.Jakarta: Universitas Terbuka.
Gunarti, W, dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Meslichatoen, R (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, H.E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Salimah. (2011). Dampak Penerapan Bermain dengan Media Gambar Seri dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara dan Penguasaan Kosa Kata Anak Usia Dini. ISSN 1412-565X, Volume 1, Edisi Khusus (hlm. 187-196).
Suarni, Ni Ketut. (2004). Psikologi Perkembangan. Singaraja: Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)