PENINGKATAN KETERAMPILAN NENULIS PUISI BEBAS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Authors

  • Like Suoth Universitas Halmahera

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13804

Keywords:

keterampilan menulis, puisi bebas, dan konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas melalui pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan data secara sistematik berupa kalimat yang berhubungan dengan hasil belajar siswa dan penelitian kuantitatif dapat dilihat dari nilai kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif. Subjek penelitiaan ini adalah siswa kelas VI  SD Katolik  Poigar yang berjumlaah 20 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitiaan  menunjukkan bahwa nilai rata-rata pembelajaran menulis puisi bebas melalui pendekataan konstruktivisme pada siklus I belum menunjukkan hasil yang signifikkan dan nilai yang diperoleh belum sesuai dengan KKM. Dari 20 siswa yang menulis puisi bebas terdapat  11 siswa yang belum mampu menulis puisi dan memiliki nilai tertinggi terendah 50, sedangkan 9 siswa belum mampu menulis puisi bebas serta memiliki nilai 80 dan  jika nilai tersebut dirata-ratakan menjadi 74,60 belum mencapai nilai KKM 75 dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan hasil yang sangat baik. Nilai yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Dari 20 siswa yang menulis puisi bebas memiliki nilai tertinggi 90 dan jika dirata-ratakan menjadi 82,2 ini berarti siswa telah berhasil menulis puisi bebas dan sesuai dengan standar KKM 75 dan berada pada kategori baik.

References

Alfiah. (2009). Pengajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Aqib, Zainal. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Yrama Widya

Aminudin. (1987). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta|: Sinar Baru

Baharuddin. (2008). Teori Belajar dan Pembelajarn. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Bell. (1995). Belajar dan Pembelajaran (terjemahan). Jakarta: PT Rajawali Pers

Direktorat. (2010). Pembelajarn Kontekstual Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Pustaka

Djojosuroto. (2009). Teori dan Pembelajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka

Hanafi. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Afitama

Lintong. (2010). Gagasan-gagasan Pendidikan Kontemporer Pemberdayaan Mutu Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Cahaya Pineleng

Muthih. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasali Media Group

Rafi’uddin. (1996). Rancangan Penelitian Tindakan Makalah Disajikan dalam Lokakarya Tingkat Lanjut Penelitian Kualitatif. Angkatan ke V. Malang: OLIP

Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kenana Predana Media Group

Slamet. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press

Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif., Kualitatif dan R & D. Alfabet

Tarigan. (1986). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung. Anggaksa

Waluyo. (1995). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Suoth, L. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN NENULIS PUISI BEBAS MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Journal of Education Technology, 2(1), 35–39. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13804

Issue

Section

Articles