HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183Keywords:
Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar MatematikaAbstract
> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajarmatematika siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Metode yang digunakan adalah metode
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Bajawa I yang berjumlah 121 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Untuk menguji hipotesis penelitian dengan menghitung koefisien
antara X dan Y dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai rxy
hitung = 0,866 kemudian dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai rtabel untuk dk = 91 dan α =
0,05 adalah = 0,207, oleh karena itu rxy hitung > rtabel maka H1 diterima. Besarnya hubungan atau korelasi antara kecerdasan
logis matematis dengan hasil belajar matematika setelah dianalisis diperoleh korelasi r = 0,866 dengan koefisien determinasi
sebesar 75%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis
dengan hasil belajar matematika pada siswa Kelas V SD Gugus bajawa I Tahun Ajaran 2016/2017.
References
Chatib, Munif. 2012. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id.
Fathani, Abdu Halim dan Masykur Moch. 2007. Mathematical Intelligence : Cara Cerdas Melatih Otak dan
Menaggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Purwanto, Heri, dkk. 2006. Logika Matematika. Jakarta : PT Ercontara Rajawali.
Sukmadinata, Syaodih Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Uno B. Hamzah dan Kuadrat Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wewe, Melkior. 2017. The Effect of Problem Based Learning Model and Mathematic-Logical Intelligence
Toward Mathematics Learning Achievement Journal of Education Technology. Vol. 1 (1) pp. 7-17.
Diunduh 28 Juni 2018
Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)