HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Astriyati Lodhong Milsan, Melkio Wewe

Abstract


> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar
matematika siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Metode yang digunakan adalah metode
korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Bajawa I yang berjumlah 121 siswa. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 93 siswa. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Untuk menguji hipotesis penelitian dengan menghitung koefisien
antara X dan Y dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai rxy
hitung = 0,866 kemudian dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai rtabel untuk dk = 91 dan α =
0,05 adalah = 0,207, oleh karena itu rxy hitung > rtabel maka H1 diterima. Besarnya hubungan atau korelasi antara kecerdasan
logis matematis dengan hasil belajar matematika setelah dianalisis diperoleh korelasi r = 0,866 dengan koefisien determinasi
sebesar 75%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan logis matematis
dengan hasil belajar matematika pada siswa Kelas V SD Gugus bajawa I Tahun Ajaran 2016/2017.

Keywords


Kecerdasan Logis Matematis; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Chatib, Munif. 2012. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id.

Fathani, Abdu Halim dan Masykur Moch. 2007. Mathematical Intelligence : Cara Cerdas Melatih Otak dan

Menaggulangi Kesulitan Belajar. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto, Heri, dkk. 2006. Logika Matematika. Jakarta : PT Ercontara Rajawali.

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Uno B. Hamzah dan Kuadrat Masri. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wewe, Melkior. 2017. The Effect of Problem Based Learning Model and Mathematic-Logical Intelligence

Toward Mathematics Learning Achievement Journal of Education Technology. Vol. 1 (1) pp. 7-17.

Diunduh 28 Juni 2018

Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183

Article Metrics

Abstract view : 2004 times
PDF file view : 1250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: komangsujendra.diputra@undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4    

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.