PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BUDAYA BALI PADA PEMBELAJARAN DESIGN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SAWAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16186Keywords:
Multimedia Interaktif, Dick and Carey, Design grafisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual budaya bali yang berkualitas dansiap diimplementasikan pada pembelajaran desain grafis di Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Model pengembangan yang
digunakan adalah model Dick & Carey yang terdiri dari 8 tahapan. Multimedia yang dihasilkan divalidasi oleh pakar desain
grafis yang selanjutnya diujikan secara perorangan dan kelompok kecil untuk memperoleh respons pengguna. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa pada aspek tampilan, grafis, pengoperasian program dan tata bahasa yang dilakukan oleh ahli media
memperoleh hasil kalkulasi sebesar 85% berada pada kualifikasi baik. Pengujian pada aspek pembelajaran, kurikulum dan
desain interface yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil kalkulasi sebesar 89% berada pada kualifikasi
baik. User/guru pengajar memberikan respon baik. Uji coba perseorangan yang dilakukan mendapat respon baik. Uji coba
kelompok kecil memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba lapangan yang
dilakukan memperoleh hasil kalkulasi sebesar 87% berada pada kualifikasi baik
References
Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar evaluasi. Jakarta: Bumi aksara.
Ghufron, Anik dkk. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Lee, Szu Hsin;Tseng, Hui Ching, 2008. “Investigation of Technology Integrated Instruction in Art Education: A
Case Study of Exploring Learning Achievement” Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 17
(3), pg. 337-361.
Mochamad Miswar Hadibin, Bambang Eka Purnama, Gesang Kritianto, 2012.“Pembangunan Media
Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan
Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif”, Jurnal Speed 13, Vol 9 No 2:432-437.
Sudarma, I K. & I M. Tegeh. 2007. Penelitian Pengembangan (Pengembangan Produk-Produk di Bidang
Teknologi Pendidikan). Makalah Disajikan dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian
Pengembangan di Jurusan Teknologi Pendidikan Undiksha. Singaraja:Januari.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung :
Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Uno,Hamzah.(2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan
Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara
Wang, Ling, 2008. “Developing and Evaluating an Interactive Multimedia Instructional Tool: Learning Outcomes
and User Experiences of Optometry Students”, Journal of Educational Multimedia and Hypermedia,17(1)
pg. 43-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)