PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERMEDIAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V

Authors

  • Luh Juli Utariasih Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Jampel Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Murda Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16378

Keywords:

Hasil belajar, IPA, model jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (ouasi eksperimen), dengan rancangan nonequivalent post-test only control group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar.Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling.Metode pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes dengan perangkat tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t dengan rumus polled varians. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar dan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share. pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar. Hal ini ditunjukkan oleh hasil analisis hipotesis dengan uji-t, t  (3,292732) > t  (2,022). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (20,64) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol (18,2). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bermediakan gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Banjar tahun ajaran 2017/2018.

References

Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 2006.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta.

Karisma, Liana. 2015.”Penerapan Model Pembelajaran jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV”. Singaraja: Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3 No: 1.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk meningkatkan professional guru. Jakarta: kata Pena.

Mudlofir,Ali dan Evi Fatimatur 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Raja : PT Rajagrafindo Persada.

Rusman.2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sahin, Abdullah. 2010.Effects of jigsaw II technique on academic achievement and attitudes to written expression course. Turkey: Department of Turkish Education, Erzurum, Faculty of Education, Atatürk University. Vol. 5(12),

Tegeh, I Made. 2010. Media Pemblajaran. Seri Buku Ajar Perguruan Tinggi.Singaraja: Undiksha

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Utariasih, L. J., Jampel, I. . N., & Murda, I. N. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERMEDIAKAN GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V. Journal of Education Technology, 2(3), 120–127. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16378

Issue

Section

Articles