PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PROJEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363Keywords:
Asesmen Projek, Hasil Belajar, Pendekatan SaintifikAbstract
Salah satu cara mewujudkan tamatan yang berkualitas dimulai dengan mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas yaitu dengan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran inovatif. Akan tetapi, selama ini pembelajaran matematika di kelas belum memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya, sementara dari segi penilaian pembelajaran masih bersifat konvensional hanya melalui tes di akhir pembelajaran, sehingga proses dalam pembelajaran kurang diperhatikan. Oleh karena itu, perlu diupayakan suatu inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah menerapkan pendekatan saintifik berbasis asesmen projek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan saintifik berbasis asesmen projek terhadap hasil belajar matematika mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis asesmen projek terhadap hasil belajar matematika mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia.References
A. Saregar, “Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, p. 53, 2016.
Arifin, Zaenal. 2018. Pendekatan Pembelajaran Saintifik pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol. 10 No. 1 Hal. 1-20. Tersedia Pada: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/3478/pdf.
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media, 2014.
Siti Hamidah. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Teks Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Riksa Bahasa Volume 1, Nomor 1, Hal. 107-114). Tersedia Pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/RBSPs/article/viewFile/8706/pdf.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan KontekstualDalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta. Ghalia Indonesia.
I. M. Suarsana, N. P. Supawidhiasih, and N. N. Parwati, “The Use Of Portfolio Assessment To Overcome The Weakness Of Scientific Approach,” vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2018.
I. W. E. Mahendra, “Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 106–114, 2017.
M. and nurdyansyah Musfiqon, Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
M. Rapi, “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Scientific Mahasiswa,” J. Biotek, vol. 4, no. 2, p. 297, 2016.
Norhayati Endah Permatasari, henny dewi Koeswati, and S. Giarti, “Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah,” pp. 148–161, 2017.
Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History education, Vol. 3 (1) Hal. 11-16. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/3884.
R. H. Santoso, “Implementasi Pendekatan Saintifik Mapel Matematika Kelas VII Tahun Pelajaran 2013 / 2014 pada Kurikulum 2013 DIY The Implementation of Scientific Approach in Mathematics Subject for Grade VII in 2013 / 2014 of Curriculum 2013 DIY,” vol. 10, pp. 80–94, 2015.
Rustam. 2017. Implementasi Pendekatan Saintifik pada Materi Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII CI di SMP Negeri1 Kota Jambi. Pena Vol 7 No.2 Hal. 1-17. Tersedia Pada: https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/4763.
S. D. I. Cinennung, D. Cinennung, K. Palakka, and K. Bone, “Jurnal Prima Edukasia , 6 ( 1 ), 2018 , 21-31 The Effect of Using the Scientific Approach Through Concept Understanding and Critical Thinking in Science,” vol. 6, no. 1, pp. 21–31, 2018.
W. Linda, “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13,” Bahastra, vol. 37, no. 1, p. 89, 2017.
W. Lestari, L. D. Pratama, and J. Jailani, “Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 29–36, 2018.
Y. Ratunguri, “Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 1, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)