Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23739Keywords:
Model Pembelajaran, Inquiri Terbimbing, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX-7 SMP Negeri 2 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dengan kondisi rata-rata prestasi belajar matematika hanya 59,5. Kondisi ini belum memenuhi KKM dan persentase ketercapaian KKM adalah 28,94 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan persentase ketuntasan belajar. Penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing secara positif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Skor rata-rata awal prestasi belajar siswa adalah 59,51 dengan ketuntasan belajar hanya 28,94 %, selanjutnya setelah pelaksanaan Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 75,36 dengan ketuntasan belajar mencapai 55,26 %. Dari Siklus I ke Siklus II terjadi juga peningkatan yakni 78,29 dan ketuntasan belajar 86,84%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Sriyono. 1992. http://www.scribd.com/doc/9037208/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)