Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Authors

  • Luh Putu Eka Marhaeni Wraswati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23739

Keywords:

Model Pembelajaran, Inquiri Terbimbing, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IX-7  SMP Negeri 2 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dengan kondisi rata-rata prestasi belajar matematika hanya 59,5. Kondisi ini belum memenuhi KKM dan persentase ketercapaian KKM adalah 28,94 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Data penelitian dikumpulkan  melalui tes prestasi belajar dan hasil tes dianalisis  secara deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk rata-rata prestasi belajar dan persentase ketuntasan belajar. Penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing secara positif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Skor rata-rata awal prestasi belajar siswa adalah 59,51 dengan ketuntasan belajar hanya 28,94 %, selanjutnya setelah pelaksanaan Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 75,36 dengan ketuntasan belajar mencapai 55,26 %. Dari Siklus I ke  Siklus II terjadi juga peningkatan yakni 78,29 dan ketuntasan belajar 86,84%. Kesimpulan yang diperoleh bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.

References

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sriyono. 1992. http://www.scribd.com/doc/9037208/

Downloads

Published

2020-03-09

How to Cite

Marhaeni Wraswati, L. P. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Journal of Education Technology, 4(1), 11–16. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23739

Issue

Section

Articles