Pengaruh Sikap Bahasa, Minat dan Intensitas Bermedsos Terhadap Hasil Belajar Bahasa Bali pada Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.23768Keywords:
sikap bahasa, minat, intensitas bermedsos, hasil belajarAbstract
Tinggi rendahnya suatu hasil belajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sikap bahasa, minat, intensitas bermedsos dan beberapa faktor lainnya, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap bahasa, minat dan intensitas bermedsos terhadap hasil belajar bahasa Bali pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah ex-post facto dengan sampel sebanyak 72 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Data sikap bahasa, minat, dan intensitas bermedsos dikumpulkan dengan metode kuesioner, sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap bahasa, minat belajar, serta intensitas bermedsos berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Bali siswa di SMA Negeri 4 Singaraja. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil uji parsial variabel sikap bahasa diperoleh thitung 3,752 dengan nilai signifikansi 0,000, variabel minat belajar diperoleh thitung 3,351 dengan nilai signifikansi 0,001, serta variabel intensitas bermedsos diperoleh thitung 4,541 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi variabel sikap bahasa, minat dan intensitas bermedsos < level of signifikan maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial sikap bahasa, minat dan intensitas bermedsos berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Bali. Secara bersama-sama ketiga variabel bebas tersebut memeliki pengaruh sebesar 90,9% terhadap variabel terikat. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh ketiga variabel baik itu sikap bahasa, minat belajar, serta intesitas bermedsos, memberi pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar bahasa Bali. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan sikap bahasa, minat dan intensitas bermedsos terhadap hasil belajar bahasa Bali pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja. Dengan adanya penelitian ini diharapkan penanaman sikap bahasa yang positif, pendekatan yang inovatif dan penggunaan media sosial lebih ditingkatkan agar hasil belajar bahasa Bali siswa juga meningkat.
References
Achmad, A. (2017). Pengaruh Antara Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa SMA Negeri 1 Enrekang dan MA Muhammadiyah Kalosi, Kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Hasanudin: Makasar
Anderson, Edmund A. 1974. “Language Attitude, Belief, and Value: A Study in Linguistic Cognitive Frame Works”. Georgetown University.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Boyd, D. M & Ellison, B.N. 2008. Social Network Sites: Defintion, History and Scholarship. Journal of Computer – Mediated Communication. Vol. 13. Issue 1
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Fidyastuti, M.N. 2013. Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring social Facebook dengan prestasi belajar mahasiswa D IV bidan Pendidikan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2013. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah: Yogyakarta
Garvin, P.L dan Mathiot M. 1968. “The Urbanization of the Guarani Language : Problem in Language and Culture” dalam Chaer (ed) 2004.
Himawan, A.A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan intensitas Menonton Drama Televisi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta. Universitas Sebelas Maret: Surakarta
Hosseini, S.B. & Pourmandnia, D. (2013). Language Learners’ Attitudes and Beliefs: Brief Review of the Related Literature and Frameworks. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. 4(4), pp 16-74
Istiyani, E. (2014). Second Language Learners’ Attitudes and Strategies in Learning English as a Foreign Language. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), pp 99-110
Kridalaksana, Harimurti. 2001. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Flores: Nusa Indah
Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif, 3 (2), pp 115-125.
Masfufah, Annur, S., & Mahardika, A.I. (2015). Hubungan Keaktifan Penggunaan Media Sosial terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X dan XI IPA di SMA Negeri Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), pp 230-241
Panitia Peneliti Naskah Ejaan Bahasa Bali. 1978. Ejaan Bahasa Daerah Bali yang Disempurnakan (Huruf Latin). Denpasar : Dinas Pengajaran Provinsi Bali.
Prodromou, L. (1992). What culture? Which culture? Cross-cultural factors in language learning. ELT Journal, 46(1), pp 39-50.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riana, R. & Setiadi, S. (2015). Pengaruh Sikap Berbahasa Terhadap Penerapan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. J. DINAMIKA SOSBUD. 17(2), pp 104 – 116
Riyanti, Y.A.V. (2016). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK 3 Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogya: Pustaka Pelajar.
Wibisono, T. & Mulyani, Y.S. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), pp 1-7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)