Implementasi Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24082Keywords:
Kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, Supervisi Klinis.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2Pegayaman semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD N 2 Sukasada Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 13 orang. Data kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran minimal pada kategori baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2 Pegayaman semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I rerata kemampuan guru menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah 86 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 76,92%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 98,08 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.
References
Agung, A. A. G. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2009. Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis Student Center Learning. Tersedia pada http://nyomandantes.wordpress.com. diunduh pada tanggal 15 Juni 2013.
Korma, I Wayan. 2012. Pengaruh Implementasi Pendekatan Supervisi Klinis Terhadap Wawasan Kompetensi Pedagogik dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Para Guru di Gugus IV SD Kecamatan Denpasar Selatan. Jurnal Pascasarjana Undiksha. Volume 2 Nomor 2.
Lalu, Muhammad Azhar. 1994. Supervisi Klinis. Surabaya: Usaha Nasional.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)