Implementasi Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013

Authors

  • Raksa Made Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Buleleng

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24082

Keywords:

Kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, Supervisi Klinis.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2Pegayaman semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD N 2 Sukasada Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng yang berjumlah 13 orang. Data kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran minimal pada kategori baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di SD N 2 Pegayaman semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Pada siklus I rerata kemampuan guru menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 adalah 86 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 76,92%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 98,08 berada pada kategori baik dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.

References

Agung, A. A. G. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Dantes, Nyoman. 2009. Beberapa Rujukan Skenario Pembelajaran Berbasis Student Center Learning. Tersedia pada http://nyomandantes.wordpress.com. diunduh pada tanggal 15 Juni 2013.

Korma, I Wayan. 2012. Pengaruh Implementasi Pendekatan Supervisi Klinis Terhadap Wawasan Kompetensi Pedagogik dan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Para Guru di Gugus IV SD Kecamatan Denpasar Selatan. Jurnal Pascasarjana Undiksha. Volume 2 Nomor 2.

Lalu, Muhammad Azhar. 1994. Supervisi Klinis. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2020-03-10

How to Cite

Made, R. (2020). Implementasi Penerapan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai dengan Kurikulum 2013. Journal of Education Technology, 4(1), 41–45. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24082

Issue

Section

Articles