Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091Keywords:
IPA, Multimedia, PengembanganAbstract
Permasalahan penelitian ini kurangnya media pembelajaran yang membantu proses pembelajaran sehingga siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan guru.Tujuan penelitian ini adalah (1)mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA,(2)menguji kualitas multimedia pembelajaran pada mata pelajaran IPA,(3)mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran mata pelajaran IPA.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara,kuesioner,dan tes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif,kuantitatif dan statistik inferensial/uji-t.Proses pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan model Luther meliputi 6 tahapan.Validasi multimedia dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan oleh 6 orang siswa,uji coba kelompok kecil oleh 3 orang siswa,dan uji coba lapangan oleh 22 orang siswa.Hasil penelitian ini adalah(1)proses pengembangan multimedia pembelajaran mulai dari langkah analisis,desain,pengumpulan bahan,pembuatan,penyelesaian,dan distribusi;(2)kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa yaitu:a)ahli isi pembelajaran 94%(sangat baik);b)ahli media pembelajaran 86% (baik);c)uji coba perorangan 94,9%(sangat baik);d)uji coba kelompok kecil 91,9%(sangat baik);e)uji coba lapangan 92%(sangat baik);(3)Multimedia pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
References
Agung, Anak Agung Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, (Online), (diakses 19 Juli 2019).
Mahadewi, Luh Putu Putrini dan Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, 2015.Text-Based Programming : Konsep Dasar & Aplikasi Pengembangan Produk Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman, Arief., dkk. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.pdf.Diunduh pada tanggal 13 November 2018.
Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model”. Jurnal Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 11, No. 1 (2013).Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/download/1145/1008.Diunduh pada tanggal 14 Juni 2018.
Parmiti, Desak Putu dan Dewa Gede Agus Putra Prabawa. 2015. Buku Ajar Pengembangan Bahan Ajar. Singaraja: Undiksha.
Penawati, Ni Made. Dkk. 2015. “pengembangan multimedia pembelajaran intraktif mata pelajaran bahasa indonesia untuk pembelajaran mandiri siswa kelas VIII. Jurnal Jurusan Teknologi Pendidikan. Vol. 3 No. Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/5608. diunduh pada tanggal 10 januari 2019.
Wardani, Shinta Kusuma. 2019. “Pengembangan multimedia tutorial mata pelajaran IPA pokok bahasan tata surya kelas VII MTs Raudatul Ulum Karangploso. (skripsi Universitas Negeri Malang). Dalam jurnal http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7370/39055. diunduh pada tanggal 10 januari 2019.
Wiana, W.2018. Interactive Multimedia-Based Animation: A Study of Effectiveness on Fashion Design Technology Learning. Seri 953. 2018. Pdf (diakses 23 Juni 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)