Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar

Authors

  • Erni Sriwahyuni
  • Iskandar Wiryokusumo
  • Hari Karyono

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101

Keywords:

model PBL, model direct learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Abstract

Menghadapi diberlakukannya Asean Economic Community (AEC) pada Tahun 2015 lalu, nampak sangat dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal, berdaya cipta, dan mampu berinovasi. SDM yang diharapkan merupakan produk atau hasil cipta dari proses pendidikan yang telah dilakukan. Tujuan penelitian  ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran problem based learning, motivasi, dan hasil belajar. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data untuk variable independent menggunakan angket, sedangkan untuk variable hasil belajar mengunakan dokumen nilai tes atau ujian. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji dengan rumus Cronbach Alpha. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan Uji statistik menggunakan Anava dua jalur dengan bantuan SPSS. Hasil Penelitian ini adalah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran PBL  dan model direct learning dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Fisika pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dawarblandong dan SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, hal ini ditunjukkan dari nilai Fhitung = 9,985 dengan angka signifikansi sebesar 0,003.

References

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ernawati. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4 (1) 49-54

Harahap, N. (2014). Hubungan antara Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Konsep Ekosistem. STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, V(1) 35-46.

Ma’mur, A. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Press.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakata: Parama Ilmu.

Nur, M. (2011). Model Pengajaran Langsung, Dilengkapi Contoh Perangkat RPP Keterampilan Berpikir dan Pendidikan Karakter Edisi Kedua. Surabaya: Unipress.

Pitriah, S. & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (2) 283-290.

Renata, H., & Sihombing, E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2 (2) 44-49.

Rusman. (2012). Seri Managemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2014). Seri Managemen Sekolah Bermutu, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-03-11

How to Cite

Sriwahyuni, E., Wiryokusumo, I., & Karyono, H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 80–87. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24101

Issue

Section

Articles