Meningkatnya Hasil Belajar Agama Islam Setelah Pengunaan Model Make A Match

Authors

  • Sumarni Badewang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24105

Keywords:

Hasil belajar, make a match

Abstract

Tujuan penelitian tindakan keas ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar siawa kelas VIII SMP N 2 Singaraja setelah belajar mengunakan model Make A Match. Jenis penelitian dilakukan adalah jenis penilain tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Objeknyanya adalah siswa kelas VII.12 yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 permpuan. Analisis data yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dengan pengumpulan data dengan observasi,, wawancara dan post-tes. Hasil peneilitain ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar agama islam ini dari nilai rata-rata dan jumlah siswa yang tuntas dari data awal, sisklus 1 dan siklus 2. Secara berturut-turun ditunjukkan sebagi berikut rata-rata 69,96 siswa tuntas 39,47% (Data awal),rata-rata hasil belajar 75,83 dan siswa tuntas 65,79% (siklus I), serta rata-rata hasil belajar 82,70 dan siswa tuntas 89,47%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa model make a match dapat meningkatkan hasil belajar agama islam siswa kelas VIII.12 di SMPN 2 Singaraja

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia

Downloads

Published

2020-03-11

How to Cite

Badewang, S. (2020). Meningkatnya Hasil Belajar Agama Islam Setelah Pengunaan Model Make A Match. Journal of Education Technology, 4(1), 88–95. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24105

Issue

Section

Articles