Meningkatnya Hasil Belajar Agama Islam Setelah Pengunaan Model Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24105Keywords:
Hasil belajar, make a matchAbstract
Tujuan penelitian tindakan keas ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar siawa kelas VIII SMP N 2 Singaraja setelah belajar mengunakan model Make A Match. Jenis penelitian dilakukan adalah jenis penilain tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Objeknyanya adalah siswa kelas VII.12 yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 permpuan. Analisis data yang digunakan adalah Penelitian ini menggunakan analisis diskriptif dengan pengumpulan data dengan observasi,, wawancara dan post-tes. Hasil peneilitain ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar agama islam ini dari nilai rata-rata dan jumlah siswa yang tuntas dari data awal, sisklus 1 dan siklus 2. Secara berturut-turun ditunjukkan sebagi berikut rata-rata 69,96 siswa tuntas 39,47% (Data awal),rata-rata hasil belajar 75,83 dan siswa tuntas 65,79% (siklus I), serta rata-rata hasil belajar 82,70 dan siswa tuntas 89,47%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa model make a match dapat meningkatkan hasil belajar agama islam siswa kelas VIII.12 di SMPN 2 SingarajaReferences
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.
Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)