Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Alice Yeni Verawati Wote Universitas Halmahera
  • Mardince Sasingan Universitas Halmahera
  • Okvin Elserlis Kitong Universitas Halmahera

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369

Keywords:

Quantum Teaching, Natural Sciences, Learning Outcomes

References

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengaruh model pembelajaran tandur terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2), 201–209.

Cahyaningrum, A. D., Yahya, & Asyhari, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur terhadap hasil belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(3), 372–379.

DePorter, B., & dkk. (2014). Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang kelas). Penerbit Kaifa.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learing Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Penerbit Kaifa.

Fathurrahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.

Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2018). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 240–248.

Isnaini, M., Wigati, I., & Halimatussya’diyah. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching dengan langkah-langkah tandur terhadap keterampilan proses belajar siswa materi sel Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Bioilmi, 2(1), 16–29.

Kasmadi, H. (2001). Pengembangan pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran. PT Prima NugrahaPratama.

Margadhyta, N. M. D., Suarjana, M., & Agustiana, I. G. A. T. (2013). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching gugus VI kecamatan buleleng.

Rachmawati, R. (2012). The Implementation Quantum Teaching Method of Graduate Through Up-Grade Hard Skill and Soft Skill. Procedia-Social and Behaviour Sciences, 57(2), 477–487.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. PT Rineka Cipta.

Rohimah, D. F., Suprapta, Bl., & Agung, D. A. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe TANDUR terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 4(9), 1229–1236.

Sagala, S. (2011). Konsep dan MaknaPembelajaran. Alfabeta.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.

Sari, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Suryanti, W., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan. JMP Online, 2(1), 148–159.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Wahyu, M., Putra, I. K., & Suadnyana, I. N. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) Pada Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan GaneshaJurusan PGSD, 4(1).

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Yahya, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar biologi siswa sms islam terpadu al-fityan gowa. Jurnal Biotek, 5(1), 155–166.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11–18.

Yaseer, A., Sukestiyarno, & Masrukan. (2014). Learning quantum teaching model with atong approach school program of integrated valid to improve character and critical thinking in probability material. International Conference on Mathematics, Science, and Education, 5(2), 85–91.

Downloads

Published

2020-07-23

Issue

Section

Articles