PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E DI SD MUTIARA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20378Abstract
Permasalahan yang ditemukan di kelas V di SD Mutiara Singaraja yaitu rendahnya
kualitas pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya
media, penerapan siklus belajar EEK (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) seperti yang
diharapkan oleh standar proses belum dilaksanakan dengan baik serta adanya faktor lain.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Modul IPA
berbasis model learning cycle 5e, (2) mengetahui hasil uji coba pengembangan
media Modul IPA berbasis model learning cycle 5e dan (3) mengetahui efektivitas
penggunaan media Modul IPA berbasis model learning cycle 5e. Model
pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE. Kualitas modul diukur dengan
melakukan uji ahli dan uji coba produk. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu: (1)
metode angket, (2) wawancara, dan (3) tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif kuantitatif, dan analisis
statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu: (1) Rancang bangun modul dibuat dalam
kerangka modul. kerangka modul ini diwujudkan menjadi modul melalui model
pengembangan ADDIE. (2) Kualitas modul berdasarkan penilaian ahli isi yaitu 100%
dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran,
diperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan penilaian ahli
desain pembelajaran, diperoleh persentase 86.66% dengan kualifikasi baik.
Persentase yang diperoleh dari hasil uji perorangan yaitu 90.02% dengan kualifikasi sangat
baik. Hasil uji kelompok kecil diperoleh 88,08% dengan kualifikasi baik. Hasil uji lapangan
diperoleh 88.53% dengan kualifikasi baik. (3) Efektivitas modul yang dikembangkan
diperoleh thitung =53,44, lebih besar dari ttabel yaitu 1,980. Dengan demikian, modul
IPA efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata kunci: pengembangan, modul, learning cycle 5e.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)