Peran Pembelajaran CLIS Menggunakan Media Animasi Bagi Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27184Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) menggunakan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik classter random sampling, yang menghasilkan dua kelompok sampel yakni kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes objektif. Rata – rata gain skor ternormalisasi pada kelompok ekperimen adalah = 0,829 dan pada kelompok kontrol adalah = 0,545. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t (polled varians) pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 59 diperoleh thitung = 7,888 dan ttabel = 2,000. Dikarenakan thitung > ttabel maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS menggunakan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)