Pengembangan Konten E-learning Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Seni Budaya

Authors

  • David Arifuddin Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan materi yang sulit disampaikan, keterbatasan waktu mengajar, kurang dimanfaatkannya sarana prasarana, dan strategi pembelajaran yang masih konvensioal, hal inilah yang menjadi penyebab penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan konten elearning, menguji validitas hasil pengembangan konten e-learning, dan mengetahui efektifitas penggunaan produk konten e-learning. Metode pengumpulan data, yaitu pencatatan dokumen, kuisoner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu (1) Desain konten E-learning berorientasi pendidikan karakter dikembangkan dengan model waterfall. (2) Konten E-learning yang dikembangkan memiliki validitas dengan: Hasil ahli isi 96%, Hasil ahli desain 85%, Hasil ahli media 96,1%, Hasil uji perorangan 93%, hasil uji kelompok kecil 92,5%, dan hasil uji lapangan 94,45%. (3) Konten E-learning yang dikembangankan efektif meningkatkan hasil belajar. Disimpulkan bahwa terdepat perbedaan yang signifikan hasil belajar Seni Budaya sebelum dan sesudah menggunakan konten elearning.

Author Biographies

David Arifuddin, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Ignatius I Wayan Suwatra, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Arifuddin, D., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Konten E-learning Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 64–79. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28942

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>