Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Elza Izzaturahma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Alexander Hamonangan Simamora Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646

Keywords:

ADDIE, media video animasi, tematik

Abstract

Rumusan masalah dan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan rancang bangun media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III semester ganjil di sekolah dasar dan mendeskripsikan validitas media video animasi pada pelajaran tema 5 cuaca untuk siswa kelas III semester ganjil di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaiatu kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, satu ahli isi pembelajaran, tiga orang siswa uji coba perorangan, dan sembilan orang siswa uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumentasi, metode wawancara, metode observasi, dan metode kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar pencatatan dokumen, lembar kuesioner, dan lembar wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tujuan penelitian yang pertama yaitu rancang bangun media video animasi dengan menggunakan tahap pengembangan ADDIE. Pada tujuan penelitian yang kedua dengan melihat hasil validitas menyimpulkan bahwa pada hasil oleh uji ahli desain pembelajaran dengan skor 88% dengan kualifikasi baik, uji ahli media pembelajaran dengan skor 95% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli isi pembelajaran dengan skor 94% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan dengan skor 93,34% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 92,94% deangan kualifikasi sangat baik.

Author Biographies

Elza Izzaturahma, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Alexander Hamonangan Simamora, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.

Antika, H., Priyanto, W., & Purnamasari, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Mimbar Ilmu, 24(2), 247. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21288.

Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 121–128. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226.

Ariani, N. K., Widiana, I. W., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. 9, 43–52. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.

Ariantini, I. P. D., Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2019). Berbasis Microlearning pada Kelas III Sekolah Dasar Mutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018 / 2019. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 23–32. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19973.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 43. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1129.

Berbantuan, P., Pbk, K., Mata, D., Pelajaran, T., Sd, D. I., Bebetin, N., Hendrawati, M. V., Pudjawan, I. K., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Model Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iv Semester Ganjil Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan.

Buchdadi, A. D., Oktafianto, E., & Mardiyati, U. (2018). Pengaruh R&D Expenditure terhadap Firm Performance pada Perusahaan yang Terdaftar di Bei Periode 2003-2015. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 337–351. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.09.

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Karyani, N. N. A., Jampel, N., & Sudatha, G. W. (2013). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbantu Komputer (PBK) dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMPN 1 Sukasada. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

Kasih, F. R. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 41. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188.

Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The Changing Role of the Educational Video in Higher Distance Education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(2), 264–276. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067.

Lestari, B., & Mustadi, A. (2020). Animated video media vs comic on storytelling skills for fifth-grader: Which one is more effective? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 167–182. https://doi.org/10.17478/jegys.664119.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.

Omer, T. (2016). Nursing Students’s Perceptions of Satisfaction and Self-Confidence with Clinical Simulation Experience. Journal of Education and Practice, 7(5), 131–138. www.iiste.org.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Pratiwi, L. (2018). Media Video: Solusi Pembelajaran IPS bagi Siswa Sekolah Dasar. 337–349.

Risdant, B., Teks, P., Pada, N., Kelas, S., & Ma, X. I. (n.d.). Media Development Based on Animation for Learning Text Negotiation in Students Grade XI MA.

pSiddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055.

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620.

Downloads

Published

2021-09-06

How to Cite

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216–224. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>