Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Rianti Ika Maya Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Keywords:

Matematika, multimedia interaktif, pendidikan matematika realistik indonesia

Abstract

Kurangnya variasi media dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru pada pembelajaran matematika secara daring mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia pada pembelajaran matematika kelas II.  Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek ujicoba produk ini berjumalh 8 orang yang terdiri dari para ahli dan siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia: (a) pada hasil review ahli isi media berkualifikasi sangat baik (90%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran media berkualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa media berkualifikasi sangat baik (93,33%), (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan media berkualifikasi sangat baik (91,66%). Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia pada pembelajaran matematika kelas II SD sangat baik dan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru daalm proses pembelajaran.

Author Biographies

Rianti Ika Maya Pratiwi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Amir, Rendani, Nainggolan, & Jannah. (2018). Pembelajaran Kooperatif Dalam Mereduksi Kecemasan Matematis Siswa (Math Anxiety). Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33578/Prinsip.V1i1.17.

Antari, N. M. W., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus I Denpasar Selatan. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V1i1.967.

Ariana, Situmorang, & Krave. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 34–46. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jpmipa.V11i1.31381.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Kreano.V10i1.18534.

Bardi, & Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sma Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi, 2(1), 49–63. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Tp.V2i1.5203.

Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di Stkip Garut. Pedagogia, 15(1), 109. Https://Doi.Org/10.17509/Pedagogia.V15i1.6576.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V4i2.26781.

Dinata, I. . D. P. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai. Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.2277.

Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 57–70. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36709/Jppm.V4i1.3052.

Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018a). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Smp. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2018.3.1.40-48.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018b). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Smp. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2018.3.1.40-48.

Hanun, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Pembelajaran Luas Permukaan Prisma Menggunakan Konteks Packaging. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 2(2), 70. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V2n2.P70-79.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan Jimath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Indomath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. Https://Doi.Org/10.30738/Indomath.V2i1.2785.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pmri Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34. Https://Doi.Org/10.21831/Jrpm.V3i1.9685.

Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.21103.

Ikhsan, M., Munzir, S., & Fitria, L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Aksioma, 6(2), 234–245. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.24127/Ajpm.V6i2.991.

Illahi, T. Rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n3.P826-.

Irawan, E., & Suryo, T. (2017). Implikasi Multimedia Interaktif Berbasis Flash Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 33. Https://Doi.Org/10.20414/Betajtm.V10i1.17.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. Jipmat, 2(1). Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V2i1.1480.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V8i2.454.

Kariadnyani, Suartama, & Sumantri. (2016). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Mimbar Pgsd Undiksha, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V4i1.7467.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Mi Miftahul Huda Pandantoyo. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1). Https://Doi.Org/10.21274/Dinamika.2016.16.1.59-77.

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Ipa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i1.11857.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sd. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2345.

Laili, J., & Puspasari, R. (2018). Dari Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 1–10. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29100/Jp2m.V4i2.951.

Lestariningsih, L., & Trismawati, A. (2020). Penerapan Pendekatan Pmri Pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 117. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V11i1.10078.

Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Ips. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.11000.

Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V39i2.28205.

Mawarni, & Muhtadi. (2017). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V4i1.10114.

Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 8–18..

Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Srandakan. Mapan, 5(2), 293–301. Https://Doi.Org/10.24252/Mapan.V5n2a10.

Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131–149. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Scholaria.2015.V5.I2.P131-149.

Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Edutech Undiksha, 6(1), 32. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jeu.V6i1.20260.

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Persektif Generasi Z Di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V6n1.P60--73.

Rika Lisiswanti, O. S., & Indri Windarti. (2015). Peranan Media Dalam Pembelajaran Matematika Sltp. Jurnal Kesehatan, 6(1), 102–105. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26630/Jk.V6i1.37.

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based On Science Literacy On The Lightning Theme. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Ipa, 4(2), 89–104. Https://Doi.Org/10.30870/Jppi.V4i2.3926.

Santi, I. G. A. D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Keterampilan Metakognisi. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya (Online), 13. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Wms.V13i2.15915.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.14.1.6794.67-80.

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal Of Mathematics Education, 5(1), 57. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V5i1.5081.

Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi Dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. (September), 1–18.

Sukmanasa, Windiyani, & Novita. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V3i2.2138.

Sulastri, S., & Kusmanto, B. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Rme (Realistic Mathematics Education) Siswa Kelas Ix A Smp Negeri 04 Bumiayu Semerter 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3), 435–444. Https://Doi.Org/10.30738/.V4i3.443.

Sumarsono, A., & Sianturi, M. (2019). Peluang Media Interaktif Dalam Menunjang Efektivitas Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(2), 101. Https://Doi.Org/10.30734/Jpe.V6i2.353.

Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2016). Uji Validasi E-Module Matakuliah Kalkulus I Untuk Mengoptimalkan Student Centered Learning Dan Individual Learning Mahasiswa S-1. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 174–191. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2016.1.2.174-191.

Suryaman, O. (2018). Indonesia ( Pmri ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Geometri Di Sd Gugus Ciwaru. 4(2), 149–159.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 1–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model Addie. Seminar Nasional Riset Inovatif Iv.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pend.

Ulfah, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartik (Kartu Tematik) Tema 8 Keselamatan Di Rumah Dan Di Perjalanan Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Ii. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 211–224. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i2.9067.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas Dan Keliling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I1.P73-84.

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. Https://Doi.Org/10.22342/Jpm.13.1.6294.101-112.

Wulandari, F., & Rakhmawati, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis : Dampak Strategi Pembelajaran Index Card Match. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 203–209. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24042/Djm.V2i3.4291.

Yeni Yuniarti. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. Eduhumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). Https://Doi.Org/Rg/10.17509/Eh.V3i2.2809.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. Https://Doi.Org/10.33449/Jpmr.V4i1.7530.

Yuniawatika, Y., Yuspriyati, D. N., Sani, I., & Febriyanti, F. (2018). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Lptk Bandung Raya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 233–246. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V5i3.279.

Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal Of Islamic Education), 7(2), 169–188. Https://Doi.Org/10.21093/Sy.V7i2.1787.

Downloads

Published

2021-04-21

How to Cite

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220

Issue

Section

Articles