Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Adi Muliarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Abstract

Pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah mengakibatkan siswa cepat merasa bosan dan rendahnya penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi keseluruhan dalam penelitian ini seluruh kelas V sebanyak 269 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 38 siswa kelas kontrol dan 39 siswa untuk kelas eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data kompetensi Pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan Instrumen tes objektif. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,380 > ttabel 2,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnnya.

Author Biographies

Adi Muliarta, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Muliarta, A., Negara, I. G. A. O., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Issue

Section

Articles