Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Adi Muliarta, I Gusti Agung Oka Negara, I Wayan Wiarta

Abstract


Pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah mengakibatkan siswa cepat merasa bosan dan rendahnya penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi keseluruhan dalam penelitian ini seluruh kelas V sebanyak 269 siswa. Sampel yang digunakan yaitu 38 siswa kelas kontrol dan 39 siswa untuk kelas eksperimen. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Data kompetensi Pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan Instrumen tes objektif. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,380 > ttabel 2,000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnnya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF file view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: